Etnis Rohingnya Rupanya Kabur Sampai ke Sukabumi, Mereka Bersembunyi di Sini

    WARTABANJAR.COM, SUKABUMI Pelarian warga etnis Rohingnya Myanmar rupanya sudah sampai ke Pulau Jawa pasca melarikan diri dari Aceh. Puluhan imigran ilegal itu kedapatan menempati dua rumah di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Mereka menyewa dua rumah di Perumahan Nuansa Indah Baru untuk beberapa bulan ke depan.

    “Kami mendapatkan informasi dari masyarakat yang mencurigai adanya puluhan orang asing yang menempati dua rumah di Perumahan Nuansa Indah Baru. Setelah kami lakukan pemeriksaan ke lokasi, mereka merupakan Suku Rohingya,” kata Kasi Pemerintahan Pemerintah Desa (Pemdes) Cisolok Irvan Ruslandi pada wartawan di Sukabumi, Minggu (22/09/2024).

    Menurut Irvan, mereka menghuni rumah itu dengan cara menyewa untuk beberapa bulan. Dengan adanya laporan dan temuan tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan petugas dari Polsek Cisolok untuk penanganan imigran gelap ini sekaligus pengamanan antisipasi adanya dari mereka yang melarikan diri.

    Baca juga: Buntut Temuan Tujuh Jenasah Remaja di Kali, Polres Bekasi Buka Layanan Pengaduan

    Sebab, saat pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terhadap rumah yang mereka tempati, ada lima warga Rohingya yang melarikan diri. Namun petugas berhasil menemukan tiga buronan itu. Tinggal dua orang lagi yang masih dalam perburuan.

    Lebih lanjut, pihaknya belum mengetahui sejak kapan Suku Rohingya menghuni dua rumah kontrakan itu. Namun, dari pengakuan mereka jumlah Suku Rohingya yang menempati dua rumah itu berjumlah 24 orang. Beberapa diantaranya merupakan perempuan dan anak-anak.

    Baca Juga :   Dua Benda ini Jadi Barang Bukti Baru Kasus Kematian Gadis Penjual Gorengan di Padang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI