Status Pandemi Bakal Berubah Menjadi Endemi, Menkes Konsultasi dengan AS dan Jepang

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Sudah sekitar empat tahun negara di dunia dikungkung dengan status pandemi Covid-19, kini setelah kasusnya mulai melandai ada langkah untuk mengubah statusnya menjadi endemi.

    Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan pihaknya telah berkonsultasi dengan Amerika Serikat (AS) dan Jepang terkait perubahan status pandemi menjadi endemi Covid-19.

    Seperti diketahui, keduanya juga menjadi negara yang berencana menarik status darurat Covid-19 pada 2023.

    “Kita sekarang konsultasi sama negara-negara lain yang juga akan menyatakan endemi tahun ini. Kebetulan ada Jepang dan Amerika,” ujar Budi dalam keterangannya dikutip Rabu (22/2/2023) dilansir Bisnis.com.

    Adapun, pembicaraan terkait perubahan status pandemi menjadi endemi ini dilakukan setelah Kemenkes berkonsultasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

    Meski sempat berkomunisasi secara daring dengan jajaran WHO, Budi juga mengagendakan pertemuan secara langsung dengan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

    “Kan sudah sekali bicara sama WHO, nanti saya sama Pak Tedros nanti mau [bertemu] langsung. Teman-teman sudah bicara sama yang di bawahnya Pak Tedros, sudah dapat masukan beberapa,” terangnya. (berbagai sumber)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   Wakapolda Jatim Kini Dijabat Kombes Pasma Royce

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI