Pemerintah Kebut Pembangunan Jalan Pansela Jawa Sebagai Jalur Wisata dan Alternatif Mudik Lebaran 2024

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Pemerintah terus mendorong pembangunan Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung dari Banten hingga Jawa Timur (Jatim). Jalan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan transportasi jalan Pulau Jawa bagian selatan, khususnya dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas pada saat libur Lebaran 2024.

    Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja mengatakan, pembangunan itu untuk mengurangi beban lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Juru Bicara Kementerian PUPR itu juga menyebut, peningkatan kondisi jalan Pansela juga mendukung potensi pariwisata wilayah pesisir pantai selatan guna mendorong perekonomian daerah setempat.

    “Kita terus promosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak obyek wisata,” kata Endra seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca juga: Pemecatan Massal Ratusan Nakes di NTT, Begini kata DPR

    Sementara Direktur Pembangunan Jalan Ditjen Bina Marga Wida Nurfaida mengatakan, ruas jalan Pansela terbentang melintasi 5 provinsi di Pulau Jawa yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 170,09 km. Pada Tahun Anggaran 2024, Kementerian mengalokasikan anggaran sebesar Rp 45 miliar untuk pekerjaan preservasi jalan dan jembatan jalur Pansela Banten sepanjang 170,13 km.

    Baca Juga :   Penetapan Tersangka Pegi Setiawan Dinilai Sah, Polda Jabar Tolak Semua Eksepsi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI