Rutin Makan Kimchi Bisa Turunkan Berat Badan Loh

WARTABANJAR.COMKimchi adalah makanan tradisional Korea berupa asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Studi terbaru dari British Medical Journal mengemukakan makan kimchi setiap hari terbukti ampuh untuk membantu proses penurunan berat badan.

Menurut studi tersebut mengonsumsi kimchi setiap hari tidak hanya dapat membantu orang-orang obesitas untuk menurunkan berat badan mereka.

Mengonsumsi kimchi secara rutin juga bisa melindungi orang-orang dari risiko menjadi obesitas.

Studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Korea Selatan ini melibatkan lebih dari 115.ribu partisipan berusia 40-69 tahun. Para partisipan ini ditanya mengenai frekuensi mereka mengonsumsi kimchi melalui kuesioner.

“Hasil studi menunjukkan pria yang mengonsumsi kimchi kubis sebanyak 1-3 porsi per hari mengalami penurunan risiko obesitas 11 12 persen. Pada wanita, penurunan risikonya sekitar 8 persen,” demikian menurut studi yang dikutip pada Jumat (2/2/2024).

Tak hanya kimchi yang terbuat dari kubis, kimchi yang terbuat dari lobak juga tampak membantu menurunkan risiko penumpukan lemak di area perut. Penurunan risiko sekitar 9 persen ini berlaku pada pria dan wanita.

Kendati begitu, tim peneliti meyakini bahwa tak ada manfaat tambahan yang bisa diperoleh bila seseorang mengonsumsi lebih dari tiga porsi kimchi per hari.

Alasannya, konsumsi kimchi dalam porsi yang lebih banyak mengindikasikan bahwa orang tersebut menyantap makanan dalam porsi besar. Kebiasaan ini tentu bisa meningkatkan risiko terjadinya kegemukan.

Baca Juga :   Cegah Tikus Menyukai Rumah Kita, Simak Tips Berikut

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI