Sandera Tak Kunjung Dilepas Hamas, Puluhan Ribu Warga Israel Demo

    WARTABANJAR.COM, YERUSALEM- Sejumlah warga Israel masih disandera oleh Hamas di Gaza, Palestina hingga hari ini, Minggu (5/5/2024) sejak perang kembali berkecamuk di Palestina pada 7 Oktober 2023 lalu.

    Hingga kini, para sandera itu belum dilepas Hamas, membuat puluhan ribu warga Israel berdemonstrasi, Sabtu (4/5/2024) waktu setempat menyerukan kesepakatan untuk memulangkan mereka, menjelang perundingan gencatan senjata lebih lanjut.

    Para pendemo meminta agar sandera yang masih berada di Gaza segera dipulangkan.

    Bahkan warga Israel juga meneriakkan bahwa perang bukan jalan yang baik.

    “Perang bukanlah hal yang suci, kehidupan adalah hal yang suci,” begitu bunyi teriakan para pendemo di Tel Aviv.

    Pada Minggu (5/5/2024), saat delegasi Hamas bertemu dengan mediator di Mesir pada hari Sabtu lalu beberapa pihak menuduh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu ingin memperpanjang konflik di Gaza.

    Kelompok tersebut mengatakan tidak ada perkembangan baru, namun menambahkan babak baru akan dimulai pada hari Minggu ini.

    Para perunding telah melanjutkan perundingan gencatan senjata yang telah lama berlangsung di Kairo yang ditengahi oleh Mesir dan Qatar untuk menghentikan serangan Israel di Gaza dengan imbalan membebaskan sandera.

    Persoalan utama tampaknya adalah apakah kesepakatan itu bersifat sementara atau permanen.

    Diperkirakan kata-kata yang dibahas adalah jeda 40 hari dalam pertempuran sementara pembebasan sandera, dan pembebasan sejumlah tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

    Baca Juga :   Arab Saudi Tawarkan Bantuan Pencarian Helikopter Presiden Iran yang Jatuh

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI