Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi Putus Akses Bukittinggi-Padang

    WARTABANJAR.COM, BUKITTINGGI – Banjir lahar dingin Gunung Marapi menerjang beberapa daerah di Sumatera Barat. Kondisi tersebut mengakibatkan ruas jalan lintas Bukittinggi-Padang terputus total.

    Kerusakan karena besarnya aliran air hitam pekat dari Gunung Marapi itu terpantau terjadi di daerah Air Angek Kabupaten Tanah Datar dan Bukit Batabuah, Canduang dan Sungai Puar Kabupaten Agam.
    Menurut warga setempat, aliran air itu melintas sebanyak 2 kali disertai bunyi gemuruh.
    “Kami mendengar dan melihat aliran air yang membesar sebanyak dua kali, pertama sekitar jam 15.00 WIB dan satu jam setelahnya, aliran kedua berbunyi gemuruh,” kata warga Bukit Batabuah Sutan Makmur (68), seperti dikutip Wartabanjar.comJumat (05/04/2024).
    Aliran lahar dingin ini merusak persawahan dan pekarangan warga. Bukan hanya itu, aliran lahar dingin juga memutus akses jalan. Akibatnya, beberapa kendaraan ikut terjebak tak bisa melintas.
    Di Bukit Batabuah, tampak personel kepolisian bersama TNI dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta warga berusaha membersihkan sisa material banjir yang hanyut hingga menutup aliran air di bawah jembatan.
    “Sempat ada pengendara sepeda motor yang terseret namun telah bisa diselamatkan dan dievakuasi. Kami masih melakukan evakuasi dan pembersihan,” kata Kapolresta Bukittinggi Kombespol Yessi Kurniati.
    Ia menegaskan melakukan koordinasi dengan BPBD dan pihak lainnya untuk segera membuka akses jalan.
    “Kami tunggu alat berat dan terus melakukan pembersihan karena material banjir menyumbat di jembatan, warga diminta tetap waspada,” ujarnya. (Sidik Purwoko)
    Editor: Sidik Purwoko
    Baca Juga :   Belasan Anggota Polisi Diburu Propam Medan Diduga Terlibat Perampokan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI