KJRI Guangzhou Selamatkan Bayi WNI, Diduga Akan Dijual ke Warga China di Fujian

    WARTABANJAR.COM, GUANGZHOU – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Guangzhou berhasil menyelamatkan seorang bayi Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga akan dijual ke warga negara China di kota Fuqing, provinsi Fujian. Demikian dikatakan Konsul Jenderal RI di Guangzhou Ben Perkasa Drajat seperti dilansir Wartabanjar.com dari Antara, Jumat (05/04/2024).

    Menurut Ben, bayi berinisial CP itu hingga kini dalam keadaan sehat wal afiat.

    “Prioritas kami adalah memastikan bahwa bayi dalam keadaan sehat dan selamat dan pada 4 April 2024, alhamdulillah bayi CP telah dipulangkan ke Indonesia,” katanya.

    Menurut Ben, pihaknya bekerja sama dengan Direktorat Pelindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri RI dan Bareskrim Polri serta Kepolisian Kota Fuqing dan Kota Fuzhou telah memulangkan bayi WNI berusia delapan bulan itu, pada Kamis (04/04/2024).

    Bayi tersebut awalnya dibawa oleh seorang perempuan WNI berinisial S pada awal Januari 2024. Dirinya datang menggunakan visa turis ke China.

    Tujuan S datang ke China adalah untuk menikah dengan seorang warga China yang sudah diatur oleh WNI lain berinsial SU.

    Berdasarkan pengakuan S, sesampainya S dan bayi CP di Fuqing, SU dan beberapa orang lain yang seluruhnya warga negara China telah mengatur penjualan CP kepada pembelinya.

    “Saat ini oknum-oknum tersebut telah ditahan dan menjalani proses penyidikan oleh otoritas China. Semua pihak yang terlibat baik WNI maupun WN China akan diproses hukum yang berlaku. Polri dan Kemlu juga akan terus mengawal perkembangan kasus ini,” tambah Ben.

    Baca Juga :   Jawaban Menag RI Soal Video Viral Jemaah Protes Berdesakan di Mina

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI