Awas Flu Singapura, Pakar: Jangan Cium Balita Pas Lebaran 2024

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Pakar kesehatan anak mengingatkan agar di momen lebaran 2024 orang dewasa jangan mencium balita ketika berkumpul bersama keluarga. Hal itu demi mencegah anak tertular penyakit infeksi, misalnya flu singapura yang tengah menggejala.

    Demikian dikatakan dr. Dwinanda Aidina, Sp. A, Subsp. I.P.T, Sekretaris Unit Kerja Infeksi dan Penyakit Tropis di Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) di Jakarta, Jumat (05/04/2024). Menurutnya, momen berkumpul bersama keluarga di Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah memang tak bisa dihindari.

    “Kumpul keluarga itu agak sulit dihindari saat Hari Raya, mungkin kita bisa siasati dengan meminimalisir orang lain untuk tidak sembarang mencium atau memegang anak balita,” katanya dikutip Wartabanjar.com dalam diskusi media secara daring.

    Flu singapura atau sebenarnya merupakan penyakit tangan, mulut dan kuku (HFMD) disebabkan virus Coxsackievirus A16 dan Entrovirus A71 yang dapat menular melalui percikan pernapasan (droplet) dan tinja manusia.

    Baca juga: KJRI Guangzhou Selamatkan Bayi WNI, Diduga Akan Dijual ke Warga China di Fujian

    Kementerian Kesehatan melaporkan kasus penyakit ini hingga pekan ke-11 di tahun 2024 yakni sebanyak lebih dari 5.000 pasien.

    Dwinanda mengatakan penyakit ini dapat dicegah dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti mengenakan masker untuk mengurangi paparan droplet, menghindari kerumunan dan menjaga kebersihan tangan menggunakan air dan sabun setelah ke toilet, serta sebelum makan.

    Hanya saja, katanya, anak-anak terutama balita belum bisa menerapkan prokes sebaik orang dewasa dan kondisi imunitas belum matang sehingga lebih rentan terkena flu singapura dibandingkan kelompok usia dewasa.

    Baca Juga :   Perbangan Haji Capai 9 Jam, Tips Tetap Nyaman dalam Pesawar Selama Perjalanan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI