Pesawat Terbesar di Dunia Jadi Korban Serangan Rusia di Bandara Ukraina


WARTABANJAR.COM, KYIV – Pesawat terbesar di dunia – pesawat kargo Antonov-225 Ukraina – dihancurkan oleh serangan Rusia di luar Kyiv pada hari keempat invasi Moskow, kata kelompok Ukroboronprom milik negara Ukraina, Minggu.

“Penjajah Rusia menghancurkan kapal utama penerbangan Ukraina, AN-225” di bandara Antonov di Gostomel dekat Kyiv, kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan, dilansir Arab News.

Pesawat itu unik di dunia, dengan panjang 84 meter (276 kaki) dapat mengangkut hingga 250 ton (551.000 pon) kargo dengan kecepatan hingga 850 kilometer per jam (528 mph).
Itu diberi nama “Mriya,” yang berarti “mimpi” dalam bahasa Ukraina.

“Ini adalah pesawat terbesar di dunia, AN-225 ‘Mriya'” Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mentweet hari Minggu.

Rusia mungkin telah menghancurkan ‘Mriya’ kami. Tapi mereka tidak akan pernah bisa menghancurkan impian kita tentang negara Eropa yang kuat, bebas dan demokratis. Kami akan menang!,” tambahnya.

Bandara Gostomel telah menyaksikan bentrokan kekerasan sejak dimulainya invasi Rusia, yang diluncurkan oleh Presiden Vladimir Putin Kamis.

Tentara Rusia mengatakan sedang mencoba untuk merebut infrastruktur strategis.

Produsen senjata Ukroboronprom memperkirakan bahwa pemulihan “Mriya” akan menelan biaya lebih dari $3 miliar (2,7 miliar euro) dan bisa memakan waktu lebih dari lima tahun.

“Misi kami adalah memastikan bahwa biaya ini ditanggung oleh Rusia, yang dengan sengaja menimbulkan kerusakan pada penerbangan Ukraina,” kata kelompok itu.

Awalnya dibangun sebagai bagian dari program aeronautika Soviet, An-225 melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1988.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini