MPR Ingatkan Pemerintah Untuk Petakan Potensi Dampak Gelombang Panas

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Pimpinan MPR meminta pemerintah melakukan memetakan potensi dampak gelombang panas atau heatwave yang melanda Indonesia. Pemetaan yang dimaksud itu guna meminimalisir dampak yang ditimbulkan.

    “Meminta pemerintah memetakan potensi dampak yang mungkin terjadi apabila gelombang panas melanda Indonesia sehingga Indonesia bisa terus siap dan meminimalisir dampak buruk akibat gelombang panas ekstrem tersebut,” kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo seperti dikutip Wartabanjar.com dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (03/05/2024).
    Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, juga meminta pemerintah Indonesia tetap waspada dalam menangani dampak fenomena tersebut, meskipun Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah menyatakan Indonesia aman dari efek gelombang panas yang terjadi di sejumlah negara Asia.

    “Meminta pemerintah untuk terus memantau kondisi cuaca ekstrem secara global, dan mengantisipasi dampak yang mungkin muncul di Indonesia, khususnya yang berbahaya bagi masyarakat,” ujarnya.

    Baca juga: Gubernur BI Arahkan Kebijakan Sistem Pembayaran Dengan Penguatan Literasi Digital

    Terakhir, dia meminta pula masyarakat agar meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan diri maupun lingkungan sekitar dalam menghadapi kondisi cuaca saat ini.

    Sebelumnya, Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN Eddy Hermawan memastikan fenomena tersebut sekarang menyerang kawasan Asia Selatan, Asia Tengah, dan sebagian Asia Tenggara tidak menciptakan efek serupa bagi Indonesia, Kamis (02/05/2024).

    Baca Juga :   KPU Tunggu Keppres Penggantian Hasyim Asy'ari

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI