Menghilangkan Keseimbangan Lawan Saat Kedua Tangan dipegang

    Oleh : Harry Budiman
    Praktisi Karate, Jujutsu, Beladiri Praktis

    WARTABANJAR.COM, BANJARBARU – Salah satu posisi sulit dalam membeladiri adalah ketika kita dalam posisi duduk tiba-tiba lawan menyerang kita. Contohnya kedua tangan kita dipegang lawan.

    Apalagi kalau posisi duduknya bersimpuh, kedua kali kita melipat ke belakang. Saat kedua tangan kita dipegang, kita sulit menendang seperti halnya posisi kita berdiri.

    Dalam khazanah teknik seni beladiri Jujutsu, khususnya aliran Hakko Ryu Aikijuujutsu ada teknik beladiri posisi duduk yang dinamakan suwari waza.

    Adapun bentuk ancaman kedua tangan dipegang saat posisi duduk, dalam Hakko Ryu Aikikujutsu bisa diatasi dengan teknik konoha gaeshi.

    Praktiknya, saat kedua tangan kita dipegang, maka hilangkan keseimbangan tubuh lawan sehingga membuatnya jatuh ke samping.

    Tentunya teknik ini perlu banyak latihan. Pertama, biarkan lawan memegang erat, kemudian kita tarik salah satu tangan kita, misal tangan kiri ke arah pinggang kita.

    Tarikan tak perlu disentak, hanya cukup menarik biasa dan reaksi lawan akan berusaha mempertahankan pegangan agar tak lepas.

    Kedua, saat lawan berusaha tetap memegang tangan kiri kita, otomatis tangan kanannya lawan pegangannya mengendur, maka gunakan kesempatan ini untuk memutar tangannya ke atas

    Ketiga, posisi badan lawan akan merunduk karena satu tangannya ditarik dan satu tangan lagi kita angkat, selanjutnya alirkan putaran ke arah tangan kirinya sehingga lawan akan semakin hilang keseimbangan dan terjatuh dalam posisi terlentang.

    Baca Juga :   Perkuat Sinergi dan Kolaborasi Keandalan Listrik, PLN Kunjungi Tiga Kejaksaan Tinggi di Kalimantan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI