Dokter: Ibu Hamil Wajib Lakukan Ini Saat Mudik

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Ibu hamil menjelang persiapan mudik Lebaran 2024 ke kampung halamannya, wajib memperhatikan beberapa hal agar kandungannya tetap sehat selama berlebaran. Dokter spesialis kandungan dan kebidanan Rumah Sakit Pelni dr. Dewita Nilasari, Sp.OG memberikan kiat-kiat kepada para ibu hamil untuk melakukan USG lebih dahulu.

    Selain itu, lanjut Dewita, ibu hamil juga mesti membawa cemilan berprotein tinggi guna menjaga kondisinya tetap sehat selama perjalanan mudik.

    “Sebelum mudik, persiapkan kondisi ibu dan janin, apakah ada kelainan atau tidak. Sesuaikan waktu kontrol dengan waktu trimester kehamilannya, kita harus siapkan semua agar tahu apakah ada risiko misalnya apa janinnya kecil, ukurannya kurang, itu tidak boleh. Jadi harus benar-benar normal,” kata Dewita seperti dikutip wartabanjar.com dalam diskusi media di Jakarta, Rabu (03/04/2024).

    Dewita menuturkan saat memeriksakan kandungan ibu ke fasilitas kesehatan, dokter perlu menggunakan USG agar tumbuh kembang janin dapat terpantau dengan baik. Disarankan supaya suami turut mendampingi sebagai bentuk suportif pada program kehamilan yang sedang dijalani.

    Kehadiran kedua belah pihak juga dapat mengedukasi suami secara langsung terkait apa saja yang diperlukan ibu hamil selama perjalanan, termasuk hal-hal apa saja yang mesti dijauhi dan tindakan apa yang perlu diambil saat ibu tiba-tiba mengalami pecah ketuban dan lain sebagainya.

    Baca juga: 5 Resep Olahan Sup Daging Sapi untuk Menu Sahur

    “Penting juga untuk meminta surat keterangan layak berpergian dari dokter kehamilan, biasanya yang paling sering diminta ketika naik pesawat dan kereta walaupun kereta tidak semuanya. Perlu diingat tiap transportasi punya batas maksimal untuk ibu hamil,” katanya.

    Baca Juga :   Cek Fakta HIV Menular Melalui Tester Lipstik

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI