Target Penduduk IKN Capai 2 Juta Jiwa

    WARTABANJAR.COM – Ibu Kota Nusantara (IKN) memiliki luas wilayah empat kali lebih besar dari Jakarta. Nusantara juga akan menjadi kota layak huni atau liveable.

    Hal tersebut disampaikan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono pada Seminar Nasional dalam rangka Hari Pers Nasional 2024 yang bertema Masa Depan Pasca IKN, Sabtu (17/2/2024).

    “Yang menarik ibu bapak sekalian, adalah ini empat kali luas Jakarta tapi penduduknya paling 2 juta. Kenapa, kita nggak mau ngulangin apa yang terjadi di kota-kota di Indonesia yang over capacity. Over dari kapasitas lingkungan dan sumber daya yang ada untuk memenuhi hidup,” kata Bambang Susantono.

    Baca Juga

    Tapin Gempa Berkekuatan 3,2 Magnitudo Pusat Gempa HST

    Dijelaskan Bambang, IKN juga akan menjadi kota yang layak huni. Untuk membangun IKN yang layak huni, Otorita IKN sudah mempelajari caranya ke Finlandia.

    IKN ini akan menjadi kota livable, kota yang layak huni dan lovable city, kota yang dicintai. Untuk jadi livable itu kita sampai belajar ke Finlandia. Kenapa Finlandia? Karena Finlandia adalah katanya negara ter-happy di dunia,” ujar Bambang.

    Jumlah penduduk Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, jelasnya diprediksi akan menyentuh 1,9 juta jiwa pada 2045.

    Namun pada tahap pertama IKN yaitu periode 2022-2024, penduduk IKN baru mencapai sekitar 250 ribu jiwa.

    “Tapi yang ingin saya perlihatkan di sini kita itu bangun sampai 2045 nafasnya harus panjang. Yang kita selesaikan sekarang baru tahap 1 nih. Dengan jumlah penduduk mungkin 200 ribuan lah, 250 ribuan ya,” kata Bambang.(atoe/ip)

    Baca Juga :   Polri Incar Selebgram Promokan Judi Online

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI