Lomba Balap Jukung Digelar di Kelurahan Benyiur

WARTABANJAR.COM – Lomba balap Jukung Tradisional Piala Paman Birin Tahun 2024 di Sungai Martapura, Kelurahan Benyiur, Banjarmasin, Minggu (4/2/2024).

Diikuti 128 tim dari berbagai daerah, peserta terbagi menjadi dua yaitu Grup A dan Grup B. Total hadiah yang disiapkan puluhan juta rupiah.

Lomba jukung menggunakan formasi B6, satu jukung ditempati oleh 6 orang dengan jarak perlombaan mencapai 400 meter, dengan menerapkan sistem gugur untuk menentukan pemenang.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Husnul Hatimah mengatakan lomba ini merupakan upaya untuk menghidupkan kembali budaya sungai yang semakin terpinggirkan.

“Lomba ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk mengenalkan jukung kepada generasi muda dan meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian dan kebersihan sungai serta memantapkan sungai sebagai ikon atau identitas Banua kita,” kata Husnul Hatimah.

Baca Juga

Pengendara Sepeda Motor Cuek Terobos Lampu Merah di Banjarmasin 

Selain itu, sportivitas menjadi hal yang sangat penting dalam Lomba Jukung ini. Lomba Jukung bisa berjalan dengan baik dan lancar jika seluruh pihak, mulai dari peserta, tim, perangkat pertandingan, hingga panitia pelaksana, menjunjung tinggi sportivitas.

“Dengan bersikap sportif, lomba jukung dapat menciptakan juara yang terbaik, ” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, Budiono mengatakan kegiatan seperti ini akan terus didukung khususnya olahraga tradisional jukung di sepanjang sungai Martapura yang ada di Kalsel.

“Kegiatan olahraga tradisional jukung ini akan terus kita dukung untuk pelestarian budaya sekaligus mencari talenta muda yang berbakat untuk nantinya dibina menjadi atlet dayung yang profesional,” kata Budiono.

Baca Juga :   Ahli Geologi Teliti Gempa di Kabupaten Banjar

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI