Tradisi Masyarakat Kalsel Ba’ayun Maulid Akan Diboyong ke Jawa Barat


WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Tradisi Ba’ayun Maulid merupakan budaya yang masih hiduo di tengah masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan.

Budaya ini, berupa ritual mengayun anak atau orang dewasa bertepatan di bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, atau bulan Maulid, yang jatuh pada Rabiul Awal di penanggalan Hijriyah.

Tradisi Ba’ayun Maulid ini, akan menjadi salah satu andalan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)
dalam Temu Karya Taman Budaya Se-Indonesia yang digelar di Jawa Barat.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti, menjelaskan temu karya taman budaya ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun secara bergilir untuk berkoordinasi dalam program maupun pengembangan seni daerah pada tiap provinsi di Indonesia.

“Pada temu karya kali ini, dari Taman Budaya kalsel menampilkan budaya daerah yaitu Ba’ayun Maulid yang merupakan tradisi lokal masyarakat Banjar,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (28/9/2022).

Lanjut Ia menjelaskan, kegiatan ini bagian dari usaha memajukan eksistensinya Taman Budaya kalsel.

“Kita selalu aktif dalam ajang event nasional dan kita juga menyeleksi karya seni daerah yang bisa mengangkat budaya sebagai kearifan lokal,” tuturnya.

Selain Ba’ayun Maulid, Taman Budaya Kalsel juga menampilkan seni tari “Ba’ihik” yang dibawakan oleh sanggar seni Permata Ije Jela dari Kabupaten Batola.

“Untuk penampilan seni tari tersebut kita ambil dari pemenang festival tari pedalaman antar pelajar yang baru dilaksanakan oleh taman budaya,” ungkapnya

Sedangkan untuk hasil rapat koordinasi, yang akan menjadi tuan rumah Temu Karya Taman Budaya se Indonesia ke XXII yaitu Provinsi Jawa Barat. (edj)

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini