Kemenhub Bakal Ujicobakan Trem Otonom di IKN

    WARTABANJAR.COM, PPU – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan sarana Trem Otonom (Autonomous Rail Transit/ART) siap diujicoba di Ibu Kota Nusantara (IKN). Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal dalam keterangan persnya di di kawasan IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (06/08/2024).

    Guna mendukung uji coba ini, Risal menyebut pihaknya tengah melakukan serangkaian pengujian. Mulai dari pengujian internal sarana, prasarana, dan Sumber Daya Manusia (SDM) ART.

    Pengujian internal ini diharapkan dapat rampung selambatnya pada 9 Agustus 2024.

    “Kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024,” kata Risal seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca juga: Sejumlah Rumah Ibadah Tidak Punya Sertifikat Tanah, Menteri AHY Percepat Dengan Begini

    Rute pendek atau loop kecil merupakan rute uji coba melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2. Lalu kembali ke Gedung Kemenko 3 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

    Uji coba ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pengoperasian ART pada upacara HUT Kemerdekaan ke-79 RI 17 Agustus mendatang di IKN. Risal menerangkan, fase uji coba tersebut dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan, sejak uji coba dinamis.

    Pengujian Trem Otonom dimaksudkan untuk lebih mengetahui kelayakan operasi ART. Tahap selanjutnya adalah evaluasi bersama DJKA dengan Otoritas IKN sebelum dipamerkan (showcase) untuk umum 10 Oktober-31 Desember 2024.

    Baca Juga :   KPU Mengganti 5 Calon Anggota DPR RI Terpilih dari PKB, Gugatan Dilayangkan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI