Survei SMRC: Ganjar Unggul 6 Persen dari Anies, Prabowo Melemah

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei elektabilitas capres 2024. Hasilnya, Ganjar Pranowo berada di posisi teratas.

    Ganjar memimpin dengan angka survei 32,1 persen.l Prabowo Subianto di posisi kedua dengan 27,5 persen, dan Anies Baswedan 26 persen.

    Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 3-9 Oktober 2022 dengan 1.220 responden.

    Survei menggunakan metode stratified multistage random sampling.

    Response rate survei ini sebesar 1.027 atau 84%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

    Ada tiga nama yang disurvei dalam simulasi tertutup tiga nama.

    Mereka yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Berikut hasilnya:

    SMRC mengungkapkan, dukungan kepada Ganjar mengalami kenaikan dari survei yang digelar tahun lalu.

    Sementara, elektabilitas Prabowo cenderung melemah dari tahun lalu berdasarkan survei SMRC.

    “Dalam satu setengah tahun terakhir, dukungan pada Ganjar mengalami kenaikan dari 25,5 persen pada Mei 2021 menjadi 32,1 persen pada Oktober 2022. Sementara elektabilitas Prabowo cenderung melemah dari 34,1 persen menjadi 27,5 persen pada periode yang sama. Anies mengalami sedikit penguatan dari 23,5 persen menjadi 26 persen,” tulis SMRC.

    SMRC juga merilis hasil survei dengan simulasi nama Prabowo, Ketua DPR Puan Maharani, dan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

    Baca Juga :   Dikira Bom, Vape Meledak Dalam Pesawat Membuat Ratusan Penumpang Panik dan Dievakuasi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI