PM Bangladesh Terguling Minta Suaka ke Inggris, Anak Hasina Bakal Pulang Kampung

     

    WARTABANJAR.COM, DHAKA – Mantan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina akan kembali ke negaranya ketika pemerintahan sementara yang baru memutuskan untuk mengadakan pemilu.

    Demikian yang disampaikan putranya, sebagaimana dirilis media. Namun tidak jelas apakah dia akan ikut serta dalam pemilu tersebut.

    Baca juga:Bankir Rakyat Kecil Pimpin Pemerintahan Baru, Inilah Fakta-fakta Tsunami Politik Bangladesh

    Hasina melarikan diri ke negara tetangga, India pada 5 Agustus setelah berminggu-minggu protes yang merebak memaksanya untuk mundur.

    Pemerintahan sementara yang dipimpin oleh peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus dilantik pada 8 Agustus, dan akan bertugas menyelenggarakan pemilu.

    Berbicara kepada harian Times of India, putranya Sajeeb Wazed Joy, yang tinggal di AS, mengatakan, “Untuk saat ini, dia (Hasina) berada di India. Dia akan kembali ke Bangladesh saat pemerintah sementara memutuskan untuk melakukan hal pemungutan suara.”

    Dia tidak merinci apakah Hasina, 76 tahun, akan mengikuti pemilu. Namun ia mengakui ibunya sudah siap pensiun karena jabatannya.

    “Ibu saya akan pensiun dari politik setelah masa jabatannya saat ini,” kata Joy.

    “Saya tidak pernah mempunyai ambisi politik dan menetap di AS. Namun perkembangan di Bangladesh dalam beberapa hari terakhir menunjukkan adanya kekosongan kepemimpinan”.

    “Saya harus aktif demi partai, dan saya berada di garis depan sekarang,” katanya kepada surat kabar tersebut.

    Partai Liga Awami yang dipimpin Hasina tidak masuk dalam pemerintahan sementara, menyusul pemberontakan yang dipimpin mahasiswa melawan mantan perdana menteri yang sudah lama menjabat, yang mundur dari jabatannya setelah kekerasan nasional menewaskan sekitar 300 orang dan melukai ribuan lainnya.

    Baca Juga :   Tega! Diduga Preman Palak Pengemis Tua, Ancam Pakai Ikat Pinggang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI