INFID Sebut SDG’s di Akhir Periode Jokowi Merosot dan Stagnan

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Penilaian masyarakat terkait Suistainable Development Goals (SDG’s) alias Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai merosot. Sementara sejumlah capaian kemajuannya juga dianggap stagnan.

    International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) menyelesaikan People’s Scorecard 2024: Kajian Perspektif Masyarakat Sipil terhadap Implementasi Agenda 2030 untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB/SDGs). Kajian ini merangkum penilaian dan rekomendasi dari 110 organisasi masyarakat sipil (OMS) dari Aceh hingga Papua pada praktik SDGs di Indonesia.

    Bona Tua P. P, Program Manager SDGs INFID menyebut, secara umum, masyarakat sipil memberikan penilaian rendah di akhir periode kepemimpinan Presiden Jokowi terkait pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Skor capaian SDGs tahun 2024 merosot dari nilai 27 dibandingkan skor tahun 2022 yang mendapatkan nilai 39.

    Selain itu, kemajuan pencapaian 17 tujuan SDGs juga terlihat stagnan. Padahal, Pemerintah RI hanya memiliki sisa 6 tahun hingga 2030, yaitu target tercapainya SDGs secara global. Hasil ini disampaikan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (02/08/2024).

    “Presiden terpilih Prabowo Subianto akan mewarisi pekerjaan rumah yang berat dalam hal pembangunan berkelanjutan dari Presiden Jokowi. Revisi rencana aksi nasional dan daerah SDGs yang akan disesuaikan dengan Presiden dan Kepala Daerah terpilih perlu dilakukan sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat melalui mekanisme konsultasi publik dengan non pemerintah. Hal ini akan membantu akuntabilitas program pemerintah sehingga potensi korupsi dan penyalahgunaan wewenang bisa diminimalisir, termasuk juga disesuaikan dengan kemampuan fiskal negara dan daerah masing-masing.” tutur Bona seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Baca Juga :   7 Remaja Tewas Mengapung di Kali Bekasi, Polisi Usut Penyebab dan Proses 15 Tersangka

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI