Hasil Jajak Pendapat Terbaru Kamala Harris Unggul Tipis dari Trump pada Pilpres di AS

     

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Kamala Harris versus Donald Trum, siapa bakal unggul dalam pemilihan presiden Amerika Serikat (AS)?

    Wakil Presiden Kamala Harris unggul tipis, yakni dua persen poin atas Donald Trump dari Partai Republik setelah Presiden Joe Biden menyatakan mundur dan menyerahkan kekuasaan kepadanya, berdasarkan jajak pendapat Reuters/Ipsos.

    Jajak pendapat yang dilakukan pada tanggal 22 dan 23 Juli 2024 tersebut, merupakan kelanjutan dari Konvensi Nasional Partai Republik di mana Trump secara resmi menerima nominasi partainya pada 18 Juli, serta pengumuman mundurnya Biden pada 21 Juli.

    Baca juga:Hadapai Trump, Kamala Harris Dapat Dukungan Para Tokoh Kunci Partai Demokrat

    Diketahui menyusul pengunduran diri Biden, sang petahana menyatakan mendukung Harris.

    Harris, yang tim kampanyenya mengatakan ia telah mendapatkan nominasi dari Partai Demokrat. Kini posisinya Harris unggul 44 persen berbanding 42 persen dari Trump dalam jajak pendapat nasional. Dalam pooling ini ada margin kesalahan 3 persen.

    Harris dan Trump memiliki perolehan suara yang sama yaitu 44 persen dalam jajak pendapat tanggal 15-16 Juli, dan Trump memimpin dengan selisih satu poin persen dalam jajak pendapat tanggal 1-2 Juli. Keduanya berada dalam margin kesalahan yang sama.

    Meskipun survei-survei berskala nasional memberikan sinyal penting mengenai dukungan Amerika terhadap kandidat politik, hanya segelintir negara bagian yang bersaing guna menyeimbangkan Electoral College AS.

    Hasil jajak pendapat terbaru menggarisbawahi alasan Biden mundur dari pencalonan dan Harris menggantikannya. Sekitar 56 persen pemilih terdaftar setuju dengan pernyataan bahwa Harris, 59 tahun, “tajam secara mental dan mampu menghadapi tantangan”.

    Baca Juga :   Menlu Selandia Baru Ungkapkan Hal Ini Pasca Kapten Philip Bebas

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI