Jelang Idul Adha, KLH Ingatkan Soal Penanganan Limbah Hewan Kurban

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Menjelang Idul Adha 1445 H, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berharap ada penanganan khusus untuk limbah yang dihasilkan dari pemotongan hewan kurban. Penanganan tersebut termasuk tidak membuang kotoran dan bagian tubuh hewan ke badan air seperti sungai.

    Menurut Direktur Pengurangan Sampah KLHK Vinda Damayanti Ansjar, penanganan khusus tersebut untuk menghindari dampak pencemaran lingkungan.

    “Guna menghindari dampak pencemaran lingkungan, kami mengimbau panitia kurban dan seluruh masyarakat yang melaksanakan pemotongan hewan kurban untuk tidak membuang kotoran dan bagian tubuh hewan kurban yang tidak dikonsumsi ke badan air dan lahan terbuka,” kata Vinda seperti dikutip Wartabanjar.com, Sabtu (15/06/2024).

    Baca juga: Jelang Idul Adha 1445 Hijriah, Presiden Jokowi Mudik ke Solo

    Pihaknya berharap, panitia pemotongan hewan kurban dan masyarakat bisa menyediakan galian tanah untuk menguburkan limbah yang dihasilkan. Sudah barang tentu kedalaman galian itu bisa disesuaikan dengan jumlah hewan kurbannya.

    “Namun dengan menguburkannya di dalam galian tanah yang sudah disiapkan dengan kedalaman minimal 50 sentimeter, tergantung jumlah limbah yang dihasilkan,” tambahnya.

    Imbauan itu untuk mencegah badan sungai yang dimaksud seperti sungai, kali, saluran air, atau selokan berpotensi tercemari dengan limbah, termasuk kotoran hewan ternak. Pembuangan kotoran hewan ternak ke sungai dapat berdampak dengan peningkatan bakteri E.coli.

    Baca juga: Sembunyikan Tiga Paket Sabu-Sabu Dalam Bungkus Rokok, Polisi Tangkap NR

    Baca Juga :   Keblinger! Diduga Muluskan Niatnya Kawini Sesama Penyelenggara Pemilu, Hasyim Asy'ari Ubah PKPU

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI