Cek Fakta HIV Menular Melalui Tester Lipstik

    WARTABANJAR.COM – Viral unggahan terkait penularan HIV melalui tester lipstik. Video diunggah dari penggalan youtube Grace Tahir, Minggu (19/5).

    Video YouTube yang diunggah berjudul “HATI-HATI! TESTER MAKE UP DI TOKO BISA MENYEBABKAN HIV?!”, tidak sedikit warganet yang turut mengomentari bahwa apa yang disampaikan terdapat kesalahan informasi. Seperti salah satu akun @aldodwikristian7906.

    “Kelihatannya perlu dikaji ulang bu terkait dengan sumber pembuatan konten, berhubung konten ini sedang dan akan di konsumsi banyak orang. Memang betul, jikalau penularan HIV salah satunya bisa melalui darah, namun juga tidak semudah hanya dengan menggunakan lipstik secara bersamaan. Sampai komen ini saya tulis, saya belum menemukan ada case/penelitian mengenai penularan HIV melalui penggunaan lipstik yang dilakukan bersamaan. (But, let us know if you found one)……..”

    Baca Juga

    Pesawat Latih Jatuh di Lapangan Sunburst BSD Tangerang

    Dikutip dari Alodok oleh dr. Atikah Dafri, ia menyebutkan bahwa Virus HIV tidak dapat menular begitu saja secara mudah.

    Virus HIV dapat ditularkan dengan adanya beberapa kondisi yang terjadi bersamaan, yakni perpindahan cairan tubuh (yakni darah dan cairan dari organ intim), ditambah aktivitas yang berisiko (seperti hubungan seksual tanpa kondom, berbagi jarum suntik bekas penderita), dan akses langsung ke aliran darah.

    HIV tidak menular melalui peralatan makanan, pakaian, handuk, sapu tangan, kosmetik, toilet yang dipakai secara bersama-sama, ciuman pipi, berjabat tangan, hidup serumah dengan penderita HIV dan hubungan sosial lainnya. Air liur, air mata, air seni serta gigitan nyamuk belum terbukti dapat menularkan HIV.

    Baca Juga :   Dapat Ancaman dan Kekerasan, Korban Pencabulan di Bawah Umur Minta Perlindungan Polisi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI