BMKG Bakal Pasang Sensor Gempa Bumi di Kabupaten Banjar

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA- Kalimantan Selatan merupakan daerah yang tidak terdampak langsung apabila terjadi gempa bumi.

    Hal ini dikarenakan pulau Kalimantan tidak terdapat lempeng bumi gunung berapi yang bisa menimbulkan potensi gempa bumi

    Dengan fakta tersebut, tidak lantas membuat pemerintah pusat ataupun daerah lengah untuk meningkatkan mitigasi bencana gempa bumi di wilayah Kalimantan.

    Oleh sebab itu, BPBD Kabupaten Banjar dengan BMKG Kalimantan Timur Sub Bagian Gempa Bumi menggelar pertemuan, Jumat (5/5/2023).

    Beny dari BMKG mengatakan akan melakukan survei untuk melakukan pemasangan sensor gempa bumi di wilayah Kabupaten Banjar.

    Terdapat dua pilihan lokasi yang akan dipasangi sensor gempa bumi yaitu di Kecamatan Sungai Pinang dan Kecamatan Paramasan.

    “Sensor yang dipasang akan memberi informasi terkait kejadian gempa bumi yang terjadi daerah tersebut dan akan diperbarui melalui website yang telah disediakan BMKG,” imbuh Beny.

    Pada pertemuan ini, pihak BMKG juga melakukan sosialisasi website ke Pusdalops BPBD Banjar.

    Di laman tersebut akan menyediakan informasi terkait gempa bumi yang terjadi di seluruh indonesia.

    Apabila masyarakat ingin mendapatkan informasi terkait gempa dapat membukanya di link atau tautan: https://inatews.bmkg.go.id/wrs/index.html.

    Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Warsita menyambut baik dengan adanya rencana pemasangan sensor gempa bumi di wilayah Kabupaten Banjar.

    Dia mengatakan adanya sensor ini dapat memudahkan warga dalam tanggap darurat bencana.

    Baca Juga :   Penampakan Rumah Warga yang Terbakar di Alalak Tengah Banjarmasin Setelah Kebakaran

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI