Horee Bentar Lagi Mudik! Ini Doa Pulkam Naik Mobil, Motor, Kapal dan Pesawat Udara

    WARTABANJAR.COM – Mudik alias pulang kampung ( pulkam ) merupakan satu di antara tradisi yang sering dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mudik menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu para perantau untuk berkumpul bersama keluarga dalam merayakan Idulfitri.

    Sebelum dan selama mudik, penting tentunya memohon keselamatan dan kelancaran perjalanan. Ada doa-doa yang bisa dibaca untuk memohon keselamatan selama mudik.

    Berdoa bagi umat Islam merupakan senjata yang ampuh setiap melaksanakan kegiatan atau aktivitas sehari-hari, termasuk saat akan mudik.

    Seperti diketahui, dalam hitungan hari, Hari Raya Idul Fitri 2023 akan tiba dan kita bisa melaksanakan shalat ied bersama keluarga. Sebelum itu, bagi yang merantau di perkotaan kemungkinan akan melakukan mudik.

    Demi keselamatan dalam perjalanan, jangan lupa untuk melafalkan doa berangkat mudik. Apabila kamu belum menghafalnya, silahkan baca lafal doa berangkat mudik dari artikel ini.

    Dikutip dari nu.or.id, doa berangkat pulang kampung bisa dibaca saat atau sebelum naik kendaraan.

    Berikut urutan doa berangkat mudik 2023:

    1. Membaca bismillah.

    2. Membaca doa “Alhamdulillaahilladzii/subhaanalladzii sakhkhara lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahuu muqriniina, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuuna. ”

    Artinya, “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

    4. Dilanjutkan dengan melafalkan “Alhamdulillah” 3 kali dan “Allahu akbar” 3 kali.

    5. Dilanjutkan dengan membaca doa “Subhaanaka innii zhalamtu nafsii faghfirlii fa innahuu laa yaghfiruz dzunuuba illaa anta”.

    Artinya, “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.”

    Selain rangkaian bacaan doa berangkat mudik di atas, kamu juga bisa membaca surat Al-Ikhlas untuk menjaga keselamatan perjalanan mudik kamu.

    Berikut bacaan lengkap Surat Al Ikhlas:

    Qul huwallaahu aad. Allaahush shamad.
    Lam yalid, wa lam yuulad.
    Wa lam yakullahuu kufuwan aad.

    Artinya, “Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.”

    Selain doa-doa di atas, ada beberapa doa berangkat mudik yang dapat dibaca seusai dengan moda transportasi yang digunakan untuk mudik. Misalnya naik kendaraan umum, kapal, dan pesawat. Berikut doa berangkat mudik sesuai jenis kendaraannya.

    Doa berangkat mudik naik kendaraan umum adalah sebagai berikut:

    “Alhamdulillhilladz/subhnalladz sakhkhara lan hdz wa m kunn lah muqrinna, wa inn il rabbin lamunqalibna.”

    Artinya: “Segala puji bagi Allah/Mahasuci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

    Doa berangkat mudik naik kendaraan laut adalah sebagai berikut:

    “Bismillaahi majreeha wa mursaahaa, inna rabbii la ghafûrur rahiim.”

    Artinya: “Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.

    3. Doa naik kendaraan udara

    Jika kamu naik pesawat, doa yang sebaiknya kamu panjatkan adalah sebagai berikut:

    “Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.”

    Artinya: “Allah Maha besar, Allah Maha besar, Allah Maha besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridai.”

    “Ya Allah, permudahkan lah perjalanan kami ini dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

    Demikian itu rekomendasi doa berangkat mudik untuk Anda lafalkan. Semoga bermanfaat.(wartabanjar.com/berbagai sumber)

    editor : didik tm

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI