Heboh Fenomena Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Kepulauan Seribu, Begini Penjelasan BMKG

WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ), Eko Prasetyo angkat bicara terkait fenomena ribuan ikan laut naik ke daratan di wilayah utara Jakarta dan kepulauan seribu

Eko memastikan, fenomena tersebut bukan merupakan tanda terjadinya gempa bumi.

Karena itu, ia meminta masyarkat sekitar pesisir untuk tidak panik.

ā€Sekali lagi masyarakat tidak perlu panik. ini bukan karena adanya gempa,ā€ kata Eko, Rabu (30/11/2022), dilansir akun Mimi Julid.

Eko menjelaskan, hingga saat ini para ahli masih melakukan penelitian terhadap fenomena alam tersebut.

Baca juga: Ida Bangkok Diamankan Polres Tabalong Gara-gara Rumahnya Digunakan Prostitusi Anak

Berdasarkan kajian sementara, hal itu disebabkan oleh perbedaan kadar oksigen dari laut yang lebih tengah ke pesisir atau garis pantai.

Di samping itu, juga bisa disebabkan oleh tingkat kesuburan air laut yang merupakan bagian dari rantai makanan tempat berkumpulnya ikan dan kemudian terdorong oleh arus laut.

ā€Atau dari dorongan energi gelombang menuju kawasan pesisir kemudian gerombolan ikan ini bisa naik ke daratan,ā€ pungkasnya.

Sebelumnya, video beredar luas di jejaring pesan singkat WhatsApp yang merekam fenomena ribuan ikan laut berukuran sedang naik ke daratan salah satu pulau yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

Baca juga: BBM Nonsubsidi Naik Mulai Hari ini di Semua SPBU, Cek Harga Terbarunya

Berdasarkan video yang berdurasi 30 detik ini dikabarkan terjadi di Pulau Onrust, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini