Wow, Kue Putu Masuk 100 Kue Terpopuler di Dunia! Simak Sejarah Pembuatannya

WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Jajanan khas Indonesia ini memang terkenal nikmat. Tidak hanya terkenal di negeri sendiri, kue berbentuk tabung berwarna hijau dengan isian gula merah ini kini semakin mendunia.⁠

Terbukti bahwa kue tradisional ini berhasil masuk jajaran kue terbaik di dunia. Kue putu berhasil menduduki peringkat ke-45 dan mendapatkan rating total sebanyak 4,21.⁠

Kue putu umumnya berwarna hijau manis atau putih berbentuk seperti tabung.

Kue ini terbuat dari tepung beras yang kemudian dimasukkan dan dimasak ke dalam cetakan bambu.

Di dalamnya berisi gula jawa, dibalut dengan parutan kelapa, dan tepung beras butiran kasar.

Kelezatan kue putu tentu tidak perlu diragukan lagi.

Dengan bahan-bahan yang sederhana, kue putu telah menjadi salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia.

Kue putu masuk dalam daftar 100 Most Popular Cakes in the World (100 Kue Terpopuler di Dunia) dan 100 Best Rated Cakes in the World (100 Kue Terbaik di Dunia) yang dibuat oleh TasteAtlas.

Kue putu berada di peringkat 86 dalam 100 Most Popular Cakes in the World, dan 52 untuk 100 Best Rated Cakes in the World.

“Adonan tersebut secara tradisional dikukus dalam tabung bambu, sementara bagian tengah kue diisi dengan gula aren. Saat dikukus, kue ini biasanya ditaburi kelapa parut segar,” tulis Taste Atlas yang dikutip dari laman resmi mereka, Rabu (13/7/2022).

Tak hanya kue putu, kue lapis yang juga dari Indonesia juga masuk dalam 100 Most Popular Cakes in the World. Kue yang umumnya berwarna-warni ini berada di peringkat 70.

“Kue lapis atau kuih lapis adalah makanan penutup tradisional Indonesia yang juga populer di Malaysia, Suriname, Brunei, dan Singapura. Kue ini biasanya disiapkan seperti puding berlapis lembab yang terdiri dari tepung beras, sagu, gula, garam, santan, dan pewarna makanan merah, hijau, atau merah muda,” tulis TasteAtlas dilansir Liputan6.

Baca Juga :   Begini Penjelasa Dokter Tentang Manfaat Vaksinasi Covid 19 saat Berpuasa

Mengenai kue putu, sudah tahukah kamu bagaimana sejarah kue yang terbuat dari tepung beras dengan isian gula merah ini?

Mengutip dari laman Republika, penggiat sejarah Jelajah Jejak Malang (JJM), Mochammad Antik mengungkapkan jika kue khas Jawa ini sebenarnya bisa ditemukan di China Silk Museum.

Kue ini sudah ada sejak 1200 tahun yang lalu, di masa Dinasti Ming.

Dulu kue putu disebut XianRoe Xiao Long, sebuah kue yang terbuat dari tepung beras yang dicetak di bambu dengan bagian tengah berisi kacang hijau.

Karena kue ini terus berkembang dan menyesuaikan dengan lidah masyarakat Jawa, kue putu akhirnya dipadukan dengan gula jawa.

Kue putu juga dikenal dengan nama putu bambu mengingat bahwa kue ini dimasak dalam cetakan bambu. (berbagai sumber)

Editor: Erna Djedi

BERITA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERBARU HARI INI