Sempat Ditutup Imbas Merebaknya Kasus PMK, Pasar Hewan Terbesar di Kalimantan di Sarang Halang Tala Kembali di Buka


    WARTABANJAR.COM, PELAIHARI – Sempat ditutup imbas maraknya penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Jawa Timur yang menyerang hewan ternak sapi dan sejenisnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Laut (Tala) resmi membuka kembali pasar hewan terbesar di Kalimantan yang terletak di Kelurahan Sarang Halang, Kecamatan Pelaihari, Tala pada Senin (23/5/2022).

    Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Tala, H Iwan Persada, menerangkan beroperasinya kembali pasar ini sudah melalui tahapan diskusi dan pertimbangan dengan beberapa instansi guna menjadi solusi agar perekonomian masyarakat terus berputar.

    “Masyarakat kita membutuhkan suplai daging sebagai pelengkap bahan makanan. Kita juga akan memasuki persiapan menyambut Hari Raya Iduladha nanti. Jadi, kami bersepakat bahwa kebutuhan pasar hewan ini jelas sangat dinanti peternak, sehingga kita buka hari ini,” terangnya.

    Kendati demikian, bukan berarti Pemkab Tala tidak mengindahkan kondisi kesehatan hewan. Malah, hal ini semakin membuat pemerintah meningkatkan kewaspadaan.

    Terbukti, akses keluar masuk pasar saat ini terpantau hanya diberlakukan satu pintu.

    drh. M. Taufik selaku Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Disnakkeswan Tala menambahkan, ada juga dilakukan pengambilan sampel berupa serum darah dan tes swab oleh Balai Veteriner Banjarbaru kepada ternak yang diperdagangkan.

    “Ini dalam rangka meminimalisasi penularan. Ternak-ternak kita periksa secara klinis kondisi fisiknya. Kita juga melakukan penyemprotan baik terhadap ternak maupun alat angkut sebagai upaya pencegahan kita,” imbuhnya.

    Baca Juga :   PTAM Intan Banjar Terapkan Pengaliran Bergilir di Banjabaru dan Martapura

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI