Pembangunan Puskesmas Sungai Andai Akan dimulai Tahun Ini

WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Laporan hasil evaluasi BPKP Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan menyebutkan kurangnya kapasitas instalasi farmasi sehingga tidak mampu menampung seluruh obat yang disimpan dan mengakibatkan penyimpanan obat-obatan menjadi tidak standar. Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin gerak cepat menindaklanjuti laporan tersebut.

Dalam kegiatan ekspos pembangunan Instalasi Farmasi dan Puskesmas Sungai Andai, yang dipimpin oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Doyo Pudjadi, Machli Riyadi juga mengatakan, rencana pembangunan Puskesmas Sungai Andai sudah sangat dinanti oleh masyarakat di sana.

Dia menjelaskan, adanya pembangunan puskesmas Sungai Andai nantinya bisa mengurangi rasio penduduk di wilayah kerja Puskesmas Sungai Jingah. Mengingat saat ini puskesmas Sungai Jingah juga turut melayani masyarakat Kelurahan Sungai Andai.

“Puskesmas Sungai Jingah ini jumlah penduduk wilayah kerjanya sudah 61 ribu, padahal idealnya satu puskesmas itu rasio berdasarkan Permenkes itu perbandingannya adalah 30 ribu jiwa untuk satu puskesmas, kalau dibangun Puskesmas Sungai Andai ini seimbang jadinya,” katanya, Kamis (15/04).

Puskesmas Sungai Andai rencananya akan dibangun di tahun 2021, dengan konstruksi dua lantai di atas lahan seluas kurang lebih 3.250 meter persegi yang terletak di Jalan Kayu Manis, Sungai Andai, dengan anggaran sekitar Rp 7 miliar.

Adpim Kota Banjarmasin : Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Machli Riyadi

Pemko Banjarmasin melalui Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin juga berencana meningkatkan jumlah kapasitas Instalasi Farmasi Kesehatan. Peningkatan kapasitas sarana pengelola ketersediaan farmasi dan alat kesehatan tersebut, akan dilakukan Pemko Banjarmasin dengan membangun Gedung Instalasi Farmasi Kesehatan.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini