Pemprov Kalsel Gelar Uji Kompetensi Penguji Kendaraan Bermotor, Pesertanya dari Kalimantan, NTT hingga Jakarta

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalsel mendukung terselenggaranya kegiatan Uji Kompetensi Penguji Kendaraan Bermotor se-Kalimantan yang diikuti 52 peserta se-Kalimantan, NTT, dan Jakarta.

    Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Setda Provinsi Kalsel, Sulkan menyampaikan pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor harus dilakukan dan dibangun secara profesional dan akuntabel, sehingga output dari kegiatan pengujian ini dapat dipertanggungjawabkan secara teknis dan diketahui secara terbuka oleh masyarakat, Banjarmasin, Rabu (7/6/2023).

    BACA JUGA: Pemandangan Umum Fraksi Atas LPj APBD 2022 Tanbu, DPRD Apresiasi 10 Kali WTP

    “Yang terpenting lagi adalah pelayanan pengujian yang diberikan kepada masyarakat benar-benar berkualitas dan jaminan keselamatan kendaraan yang layak jalan dapat terwujud,” kata Sulkan.

    Sulkan menyampaikan, pelaksanaan kegiatan pengujian kendaraan bermotor ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan untuk mewujudkan keselamatan dan kelestarian lingkungan dalam berlalu lintas maupun angkutan jalan.

    BACA JUGA: Jelang Kalsel Expo 2023, Pemprov Buka Seleksi EO, Mau Ikut? Simak Syarat-syaratnya!

    Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Sulkan berharap dapat mengurangi dampak odol (over dimensi over loading) terhadap infrastruktur maupun lingkungan, yang akan menyebabkan kerusakan jalan, jembatan dan pelabuhan serta tingginya biaya pemeliharaan infrastruktur. Lebih penting dari itu semua, kendaraan odol dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas yang secara langsung atapun tidak akan berdampak ke masyarakat.

    “Melalui uji kompetensi ini, tujuan kita adalah untuk menciptakan SDM yang lebih kompeten, profesional, cakap, dan terampil dalam melakukan tugas-tugasnya dalam pengujian kendaraan bermotor,” ujar Sulkan.(*/MC Kalsel)

    editor: didik tm

    Baca Juga :   Geger Dugaan Pemerkosaan Anak di Kelayan

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI