OPM Bebaskan Pilot Maskapai Susi Air Tanpa Tebusan Hanya Gara-Gara Ini?

    WARTABANJAR.COM, TIMIKA – Teka-teki pembebasan Organisasi pilot Maskapai Susi Air, Philip Mark Mahrtens oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) sedikit demi sedikit mulai terkuak. Rupanya pembebasan itu lantaran sang pilot tengah berulang tahun.

    Demikian diungkapkan Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Bayu Suseno, usai pembebasan tersebut. Menurutnya, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya itu tidak meminta tebusan sama sekali untuk membebaskan Philip.

    “KKB tidak meminta tebusan atau syarat, dan ini adalah hasil dari pendekatan hati ke hati. KKB juga manusia, tentu punya perasaan dan hati, mereka berpikir untuk melepaskan pilot,” katanya seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Dirinya menjelaskan, Philip juga selama ini dikenal baik oleh gerombolan tersebut. Akibatnya, ia mendapat simpati dari para anggota OPM. Karena itulah, bertepatan dengan ulang tahun sang pilot, Egianus Kogoya mengijinkan dirinya kembali ke keluarganya di Selandia Baru.

    Baca juga: Pilot Philip Akhirnya Dibebaskan OPM Setelah Disekap 1,5 Tahun

    “Komunikasi Pilot Philip sangat baik dan mendapat simpati dari KKB. Hari ini bertepatan dengan ulang tahun pilot, sehingga ia dibebaskan dan bisa kembali ke keluarganya,” kata  Kombes Pol Bayu Suseno.

    OPM itu akhirnya membebaskan pilot Philip yang telah disandera selama 1,5 tahun. Selama masa penyanderaan, Philip dilaporkan berada di Alguru, Nduga, Papua.

    Bayu Suseno juga menjelaskan kronologi pembebasan tersebut. Menurutnya, Satgas memperoleh informasi bahwa pilot akan dibebaskan pada Sabtu (21/09/2024) pukul 09.00 WITA. Setelah Satgas mendapatkan lokasi Philip, tim negosiasi dikirim ke Alguru untuk menjemputnya. Proses pembebasan dilakukan dengan mengutamakan pendekatan secara persuasif.

    Baca Juga :   Pilot Susi Air Kapten Philip Tak Kuasa Menahan Haru Selepas Bebas dari Sandera KKB

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI