Presiden Jokowi Minta Harga Obat dan Alkes Terjangkau

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan dan mendorong jajarannya agar harga obat dan alat kesehatan (alkes) di Indonesia terjangkau oleh masyarakat. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin usai mengikuti rapat dengan Presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa (02/07/2024).

    “Pertama, dia (Presiden) ingin agar harga alat kesehatan dan obat-obatan itu bisa sama dong dengan negara-negara tetangga. Kan kita harga alat kesehatan dan obat-obatan mahal,” kata Menkes seperti dikutip Wartabanjar.com.

    Ia juga mengungkapkan, Kepala Negara mendorong agar industri farmasi dan alkes di Tanah Air dibangun.

    Baca juga: Lima PTN Favorit Masyarakat Berikut Rincian Biaya Kuliahnya

    “Supaya bisa lebih di-resilience (tangguh) Indonesia kalau ada pandemi lagi,” ujarnya.

    Dalam rapat tersebut, Menkes-pun memberikan sejumlah masukan agar harga obat-obatan dan alkes terjangkau serta industri kesehatan terbangun. Terkait harga obat dan alkes, menurutnya masih ada inefisiensi dari sisi jalur perdagangannya.

    “Yang pertama kita kasih masukan mungkin dari sisi jalur perdagangannya kita itu masih ada inefisiensi. Tata kelolanya juga mesti dibikin lebih transparan dan terbuka,” ucapnya.

    Baca juga: DPR Minta Pemerintah Lakukan Spending Better Belanja Negara

    “Sehingga tidak ada peningkatan harga yang unreasonable (keterlaluan) atau unnecessary (tidak perlu) dalam proses pembelian alkes dan obat-obatan. Itu kan itu lebih masalah tata kelola dan desain proses pembelian kita itu seperti apa,” katanya.

    Baca Juga :   Isu Skandal Guru Besar Goyang ULM, 11 Profesor Diduga Bermasalah

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI