Lima PTN Favorit Masyarakat Berikut Rincian Biaya Kuliahnya

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih menjadi favorit banyak masyarakat. Karena kampus negeri mampu menawarkan biaya terjangkau dengan kualitas yang bagus.

    Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih PTN, seperti program studi, biaya, jarak dan akreditasinya. Hal itu juga diperhitungkan dengan minat dan bakat calon mahasiswanya.

    Berikut adalah Lima PTN yang memiliki kualitas bagus, berikut biayanya yang dilansir Wartabanjar.com dari Antara:

    Baca juga: DPR Minta Pemerintah Lakukan Spending Better Belanja Negara

    Universitas Indonesia (UI)

    Terdapat beberapa program pendidikan yang diselenggarakan di UI, mulai dari diploma/vokasi, sarjana, magister, dan doktor. Sobat pantau bisa memilih program mana yang akan ada ikuti dan biayanya akan menyesuaikan tergantung program yang kalian pilih.

    Bagi mahasiswa baru jenjang sarjana reguler UI memiliki sistem pembiayaan yang disebut Biaya Operasional Pendidikan (BOP) yang mencakup semua komponen biaya yang telah dialokasikan untuk penyelenggaraan, pembinaan, dan pengembangan pendidikan.

    Tarif BOP ini disesuaikan dengan pada kemampuan orang tua atau wali calon mahasiswa, dibagi dalam 2 klasifikasi, yaitu BOP Berkeadilan (BOP-B) dan BOP Pilihan (BOP-P).

    Baca juga: KPK Usut Dua Kasus Korupsi PT Asuransi Jasa Indonesia

    Biaya yang yang harus dibayarkan pada masing-masing BOP dibagi dalam beberapa kelas, dalam BOP-B pada rumpun Sains Teknologi dan Kesehatan (SAINTEK) biaya Kelas 1 berada di kisaran 0 sampai dengan Rp2 juta, kelas 2 berada di kisaran Rp2 juta sampai dengan Rp4 juta, kelas 3 Rp4 juta sampai Rp6 juta, dan kelas 4 Rp6 juta sampai Rp7,5 juta.

    Baca Juga :   Dilaporkan ke KPK Soal Mark Up Biaya Impor, Begini Tanggapan Perum Bulog

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI