Cak Imin Respon Presiden Soal Alkes dan Obat Terjangkau, Begini Katanya:

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Pimpinan DPR merespon keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar harga alat kesehatan (alkes) dan obat-obatan di Tanah Air setara dengan negara tetangga. Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menganggap, obat-obatan seharusnya gratis bagi setiap warga negara Indonesia.

    “Oya bagus (penyetaraan harga alkes dan obat-obatan). Tapi kalau obat-obatan seharusnya gratis dong. Itu kewajiban negara menjamin kesehatan warganya lho,” katanya seperti dikutip Wartabanjar.com di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

    Politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai optimalisasi rekrutmen dokter seharusnya menjadi prioritas pemerintah saat ini.

    Baca juga: Presiden Jokowi Minta Harga Obat dan Alkes Terjangkau

    “Dokter di negeri kita ini masih kurang banyak. Saya kira kalau alkes dan dan obat-obatan ada tapi dokternya sedikit, ya tetap susah juga kita. Mereka-mereka itu yang tahu dosis tepat di bidang kesehatan,” ujar lelaki yang biasa disapa Cak Imin ini.

    Sebelumnya Presiden Jokowi baru saja menggelar rapat internal dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Istana Presiden, Jakarta. Budi mengatakan Presiden Jokowi ingin harga alat kesehatan dan obat-obatan di Tanah Air setara dengan negara tetangga.

    Sebagai perbandingan, kata Budi, harga obat-obatan di Indonesia bisa lebih tinggi, bahkan bisa lima kali lipat dibanding di Malaysia. Budi mengatakan Jokowi juga minta agar industri alat kesehatan dibangun. Hal ini agar Indonesia bisa sigap bila sewaktu-waktu pandemi terjadi lagi. Menurut Budi, harga alkes dan obat-obatan yang tinggi dikarenakan adanya inefisiensi hingga masalah tata kelola. Ia ingin seluruhnya berjalan transparan.

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI