Jelang Idul Adha, Begini Kiat Memilih Hewan Kurban Yang Baik

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Menjelang Hari Raya Idul Adha, memilih hewan kurban yang bagus adalah sebuah keharusan seperti fikih dalam Islam. Hal itu mengingat anjuran untuk memberikan kurban terbaik sudah sejak lama disampaikan para alim ulama.

    Karena itulah ada sejumlah kriteria yang disampaikan Dokter hewan lulusan Universitas Airlangga Lucky Diba G sebagai kiat memilih hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Menurutnya, hewan kurban yang sehat, mulai dari pemeriksaan sebelum pemotongan hingga setelah pemotongan.

    “Lakukan pemeriksaan antemortem atau sebelum pemotongan, tujuannya agar dapat memastikan hewan dalam keadaan cukup istirahat, menghindari pemotongan hewan yang sakit (penyakit menular dan zoonosis), dan sebagai bahan informasi untuk keperluan pemeriksaan postmortem,” kata Lucky sebagaimana dikutip Wartabanjar.com dari Antara.

    Baca juga: Menteri BUMN Janji Tegas Bersih-Bersih di Kementerian dan BUMN

    Beberapa hal yang harus dipehatikan saat memilih hewan kurban

    Saat melakukan pemeriksaan antemortem, ada sejumlah hal yang harus dilakukan calon pembeli terhadap hewan kurban yang ingin dibeli. Berikut diantaranya:

    Periksa hewan dalam posisi berdiri dan bergerak

    Periksa hewan dalam posisi berdiri dan bergerak untuk memudahkan pemeriksaan gerakan hewan serta keaktifan hewan.

    Baca juga: Buntut Mundurnya Kepala OIKN dan Wakilnya, Bahlil Bilang Investasi di Sana Seperti Ini

    Perhatikan jenis kelamin, umur, tanda-tanda penyakit

    Kedua, perhatikan jenis kelamin, umur, keadaan abnormal, tanda-tanda penyakit atau patognomonis, sikap, tingkah laku, dan kebersihan hewan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko penyakit yang mungkin terdapat pada hewan kurban.

    Amati hewan dari berbagai sisi

    Amati hewan dari sisi kanan, kiri, depan, dan belakang. Lakukan juga pemeriksaan gigi, kuku, rambut, lubang tubuh, dan mata pada hewan, serta cobalah memberikan pakan pada hewan untuk mengetahui nafsu makan dan respons mereka saat menelan.

    Baca Juga :   5 Larangan di Malam 1 Suro atau Awal Bulan Muharram

    Ciri-ciri hewan kurban yang sehat

    Setelah memeriksa kondisi hewan untuk berkurban, ketahui juga beberapa ciri bahwa hewan tersebut sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban. Berikut ciri-cirinya:

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI