DPR Panggil Menkominfo dan BUMN Soal Starlink dan OTT

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA DPR dalam hal ini Komisi VI dan I menggelar rapat bersama membahas layanan internet Starlink milik Elon Musk. Raker juga membahas jasa over the top alias OTT lain dengan mengundang Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiaji, BUMN hingga pelaku bisnisnya.

    Hal itu merupakan salah satu poin risalah rapat dengar pendapat (RDP) dengan PT Telkom, RDP itu juga menyoroti keberlangsungan layanan internet satelit SpaceX milik Elon Musk, yang telah resmi beroperasi pekan lalu.

    Di sela rapat, anggota Komisi VI menyinggung peluang tergerusnya bisnis pelaku jasa telekomunikasi dengan resminya Starlink menawarkan layanan internet, bahkan sampai segmen ritel.

    Baca juga: Starlink Milik Elon Musk Resmi Beroperasi di Puskesmas Denpasar

    Komisi VI DPR RI menyepakati agenda rapat gabungan dengan Komisi I DPR RI, Menteri BUMN RI, Menteri Kominfo, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dengan menghadirkan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII),

    “Untuk membahas masuknya layanan Starlink dan OTT di Indonesia,” ucap Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal seperti dikutip Wartabanjar.com di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

    Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Gerindra Andre Rosiade menambahkan bahwa Starlink hadir tanpa menyelesaikan persyaratan terlebih dahulu. Perusahaan itu belum memiliki kantor resmi di Indonesia, bahkan belum membayar pajak atas layanan tersebut ke Indonesia.

    Baca Juga :   Hingga September 2024, Ditjen Imigrasi Cekal 7.614 Orang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI