Cara Cegah Dehidrasi Bagi Jemaah Haji Selama Berhaji di Arab Saudi

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN- Kasus dehidrasi menjadi salah satu pangkal penyebab timbulnya beragam penyakit kronis pada jemaah haji Indonesia yang mungkin sudah dibawa sejak keberangkatan dari Tanah Air.

    Kepala Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, dr. Karmijono saat Sosialisasi Gemar Minum Oralit di Hotel Arjwan Al Sa’adah, Madinah, Kamis (23/5/2024) mengatakan dehidrasi bisa menyebabkan penyakit-penyakit yang semula itu tidak pernah kambuh menjadi kambuh.

    Ini bisa saja terjadi pada jemaah haji saat pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

    Solusinya, jemaah dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi cairan seperti oralit.

    Kegiatan yang bertajuk “Cegah Dehidrasi, Sehat Berhaji” ini bertujuan mengajak para jemaah dan seluruh petugas haji untuk minum oralit demi mencegah dehidrasi selama berada di Tanah Suci.

    Hal ini mengingat suhu ekstrem di Arab Saudi saat ini yang mencapai 35-40 derajat Celcius, bahkan diperkirakan mendekati 50 derajat Celcius jelang puncak haji.

    “Hari ini kita mengajak jemaah haji dan seluruh petugas haji untuk tidak lupa minum oralit minimal satu kali sehari, satu bungkus. Ini diharapkan bisa mencegah kasus dehidrasi,” pungkas dr. Karmijono, dikutip dari laman Kementerian Agama RI, Jumat (24/5/2024).

    Dengan kegiatan ini, jemaah haji diharapkan dapat membiasakan diri untuk minum oralit agar penyakit-penyakit yang berisiko kambuh saat berhaji dapat teratasi.

    “Anjuran ini kami sosialisasikan kepada seluruh jemaah haji. Bahkan saya berharap jemaah yang masih ada di Tanah Air yang nanti akan berangkat, dapat membiasakan diri untuk minum oralit,” harapnya.

    Baca Juga :   Simak Ramalan zodiak Karir Hari Ini Aries hingga Cancer: Realitis Pada Saingan, Pupuk Motivasi

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI