Puncak Perayaan Waisak 2568 BE/2024, Langit Malam Candi Borobudur Dipenuhi Lampion

    WARTABANJAR.COM, YOGYAKARTA- Umat Buddha menghadiri festival lampion di Lapangan Marga Utama, Candi Borobudur, Yogyakarta, Kamis (23/5/2024) malam dalam rangka puncak perayaan hari raya Waisak 2568 BE.

    Malam puncak perayaan Waisak 2568 BE/2024 berjalan lancar, khidmat dan tenang.

    Ketua Umum DPP WALUBI yang juga Ketua Panitia Waisak Nasional 2024, Hartati Murdaya, Kamis (23/5/2024) mengatakan bahwa tema Waisak Nasional tahun 2024 ini adalah ‘Untuk Hidup Bahagia Sebagai Makhluk dan Manusia, Marilah Kita Meningkatkan Kesadaran Yang Diajarkan Oleh Sang Buddha, dengan sub-tema Hindarilah Keserakahan Duniawi, Kebodohan, Kemarahan dan Kebencian.

    “Pelepasan ratusan lampion ini bermakna, tidak hanya menerangi kegelapan, namun lebih dari itu, pentingnya hidup berdampingan dalam harmoni, saling menghormati untuk kebaikan bersama,” sambung Hartati Murdaya, dikutip dari laman Kemenag RI, Jumat (24/5/2024).

     

    Ia menyampaikan bahwa seluruh warga bangsa, khususnya umat Buddha harus terus dapat memperkuat sikap persatuan dan kesatuan untuk menguatkan dan mengimplementasikan ajaran Buddha bagi kehidupan.

    Melalui festival lampion ini, ia berharap cahaya lampion yang diterbangkan tersebut menjadi penerang bagi jalan hidup yang lebih baik dan damai.

    Prosesi pelepasan lampion ini dimulai tepat pukul 21.00 WIB hingga 22.30 WIB.

    Tampak, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Dirjen Bimas Hindu, Supriyadi, para perwakilan Majelis Buddha, dan para Bhikkhu.

     

    Koordinator Lampion Waisak Nasional 2024 yang juga Ketua Umum Wanita Buddha Mahanikaya Indonesia, Fatmawati menyampaikan bahwa pelepasan Lampion Waisak merupakan acara yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat, khususnya umat Buddha pada tiap perayaan Waisak.

    Baca Juga :   Selidiki Kasus Korupsi, KPK Incar Anggota DPR dan BPK ini

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI