Quick Count Indikator: PDIP, Golkar, Gerindra Posisi 1, 2, 3, PPP Tak Capai Ambang Batas

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Lembaga survei Indikator Politik Indonesia mengumumkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) unggul dalam hasil hitung cepat (quick count) Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 dengan perolehan suara sebesar 16,68%.

    Merujuk hasil hitung cepat yang dikutip di Jakarta, Minggu (18/2/2024), disebutkan data tersebut berasal dari 2.999 tempat pemungutan suara (TPS) atau 99,97 persen, dengan sampel suara sah sebanyak 520.357.

    Batas toleransi kesalahan (margin of error) 0,54% dengan tingkat partisipasi 78,27%. “Margin of error quick count menunjukkan PDIP signifikan pada posisi pertama,” kata Indikator Politik.

    Untuk posisi kedua Partai Golkar dengan suara 15,21 persen, sedangkan posisi ketiga ditempati Partai Gerindra dengan suara 13,44 persen.

    Posisi keempat diduduki Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan suara 10,65 persen dan di posisi kelima Partai Nasdem dengan 9,41 persen suara.

    Sementara itu untuk posisi keenam hingga delapan, Indikator Politik menyebut kemungkinan adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan suara sebesar 8,26 persen, Partai Demokrat dengan 7,58 persen suara, dan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan 6,88 persen suara.

    “Urutan ke 6-8 kemungkinan adalah PKS, Demokrat, dan PAN. Namun demikian, PKS secara statistik tidak signifikan lebih besar ketimbang Demokrat, tetapi signifikan lebih besar ketimbang PAN, dan Demokrat juga tidak signifikan lebih besar ketimbang PAN,” kata Indikator Politik dilansir beritasatu.com.

    Indikator memprediksi delapan partai tersebut lolos ke Senayan dengan perolehan suara yang signifikan di atas ambang batas parlemen, yakni empat persen.

    Baca Juga :   Video Syur Gadis Palangka Raya Terancam Disebar Mantan Pacar

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI