Kominfo Catat 204 Hoaks Tentang Pemilu

    WARTABANJAR.COM – Ada 204 hoaks atau berita palsu terkait Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 selama periode Januari 2023 hingga Januari 2024.

    Data ini resmi dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

    “Persebaran isu hoaks terkait Pemilu itu mengalami penurunan di tahun-tahun selanjutnya dan menjelang tahun 2024 sampai hari ini, trend persebaran isu hoaks terkait Pemilu kembali naik menjadi 204 isu hoaks sepanjang Januari 2023 sampai Januari 2004,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi, dalam Forum Sosialisasi Pemilu Damai 2024: Demi Indonesia Cerdas Memilih #Palembang di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, pada Senin (22/1/2024).

    Pada Pemilu periode sebelumnya, jelasnya Kementerian Kominfo mencatat persebaran isu hoaks terkait Pemilu mencapai angka 714 hoaks di tahun 2018 sampai dengan tahun 2019.

    Disimpulkan angka penyebaran hoaks terkait Pemilu 2024 mencatat penurunan signifikan.

    “Walaupun ada penurunan tapi tetap hoaks itu ada, penurunannya cukup signifikan hampir cuma seperempatnya,” katanya.

    Baca Juga

    Warga Tabunganen Diduga Tenggelam Saat Bersihkan Tongkang

    Menurut Menkominfo, hoaks merupakan salah satu dari empat bentuk kekacauan informasi (information disorder), selain fitnah, ujar kebencian dan merendahkan martabat orang lain.

    Kekacauan informasi, baik misinformasi disinformasi maupun malinformasi, dinilai kian marak dan tidak lagi bisa dihindari di era digital saat ini karena proses produksinya berjalan begitu cepat, mulai dari penciptaan narasi pembuatan produk media dan distribusi informasi.

    Baca Juga :   Diduga Seks Menyimpang, Pria Muda Cabuli Lima Bocah Laki-laki

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI