Akibat Berlebihan dan Kurang Konsumsi Daging Menurut Ahli Gizi

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN- Daging hewan seperti sapi, kambing hingga ayam adalah salah satu makanan favorit sebagian orang di dunia ini.

    Sebagian masyarakat mengonsumsi daging karena merupakan salah satu sumber protein yang baik.

    Sayangnya, tak sedikit pula masyarakat yang masih mengonsumsinya dalam porsi yang tak seimbang.

    Terdapat sebagian masyarakat yang tergolong berlebih dalam mengonsumsi daging, namun sebagian besar yang lain cenderung malah kekurangan.

    Dosen program studi gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNAIR, Lailatul Muniroh menuturkan terdapat efek samping tersendiri dan dampak saat seseorang kelebihan atau kekurangan konsumsi daging.
    Apa saja dampak kelebihan dan kekurangan mengonsumsi daging? Berikut ini ulasannya.

    Dampak Mengonsumsi Daging Berlebihan

    Kebanyakan mengonsumsi daging bisa menyebabkan kelebihan kalori karena jenis daging yang tinggi lemak mengandung kalori yang relatif tinggi.

    Mengonsumsinya secara berlebihan tanpa memperhatikan asupan kalori secara keseluruhan dapat menyebabkan kelebihan kalori dan berkontribusi pada peningkatan berat badan.

    “Kelebihan konsumsi daging yang tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan risiko pengembangan penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2 dan resistensi insulin,” ungkapnya.

    Selain itu, beberapa jenis daging, terutama yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

    Konsumsi berlebihan lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan menyebabkan penumpukan plak di arteri sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

    “Mengonsumsi terlalu banyak daging dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko masalah pencernaan seperti sembelit dan peningkatan risiko kanker usus,” tambahnya.

    Baca Juga :   Cek Ramalan Karir Zodiak Hari ini 5 Juli 2024: Taurus Teliti Strategimu, Gemini Ada Peluang

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI