Empat Negara ASEAN Ini Kompak Akan Daftarkan Kebaya ke UNESCO

WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Empat negara Asia Tenggara akan mendaftarkan kebaya dalam daftar warisan budaya tak benda UNESCO.

Upaya mendaftarkan kebaya dipimpin Singapura dan didukung penuh Brunei, Malaysia, dan Thailand.

Keempat negara ini merupakan anggota ASEAN.

Dilansir dari Straits Times, Kamis (24/11/2022) Dewan Warisan Nasional (NHB) Singapura menyebut ini akan menjadi nominasi multinasional pertama Singapura untuk Daftar Perwakilan Warisan Budaya UNESCO.

Baca juga: Viral! YouTuber Bawa Bantuan Korban Gempa Cianjur Diduga Dipalak Oknum Warga

Singapura akan mendaftarkan kebaya masuk daftar warisan budaya UNESCO, melalui upaya multinasional bersama Brunei Darussalam, Malaysia dan Thailand.

Mereka menjadwalkan untuk menyerahkan pendafataran pada Maret 2023.

NHB menyebut kebaya sebagai pakaian tradisional wanita yang populer di wilayah tersebut.

Kebaya, menurut pernyataan NHB, “mewakili dan merayakan sejarah bersama di wilayah tersebut, mempromosikan pemahaman lintas budaya dan terus hadir serta secara aktif diproduksi dan dikenakan oleh banyak komunitas di Asia Tenggara.”

Kebaya telah, dan terus menjadi, aspek sentral dalam representasi dan tampilan warisan budaya dan identitas Melayu, Peranakan dan komunitas lainnya di Singapura, dan merupakan bagian integral dari warisan kami sebagai kota pelabuhan multikultural, dengan hubungan lintas Asia Tenggara dan dunia,” ujar CEO NHB Chang Hwee Nee.

CEO NHB Chang Hwee Nee memaparkan bahwa nominasi bersama ini menggarisbawahi multikulturalisme dan akar bersama mereka di wilayah tersebut.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini