Tips Melatih Kekuatan Kuda-kuda

    Oleh : Harry Budiman (Praktisi Karate & Beladiri Praktis)

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Kuda-kuda adalah bagian mendasar saat kita melakukan teknik beladiri. Banyak ragam kuda-kuda yang ada di berbagai disiplin ilmu beladiri.

    Tujuan belajar kuda-kuda adalah agar badan kita kokoh dan tidak mudah goyah. Ya, karena kuda-kuda itu merupakan pondasi tubuh.

    Cara melatih kuda-kuda ada berbagai metode. Salah satu yang bisa diterapkan adalah latihan di air. Misal latihan di sungai atau tepi laut alias pantai.

    Bentuknya yaitu kita berendam setinggi  lutut. Kemudian lakukan posisi kuda-kuda yang sudah Anda pelajari. Pijakan kaki di pasir harus dijaga karena aliran air atau gelombang membuat tubuh kita bisa goyah.

    Secara bertahap, kita bisa latih lebih dalam misal setinggi paha. Kemudian lanjut setinggi pinggang. Jika sudah mampu bertahan maka lakukan melangkah.

    Langkah ke depan, ke belakang, memutar dan menyerong. Memang tidak gampang, lakukan saja pelan-pelan sambil merasakan pergerakan air.

    Selanjutnya, bisa dikombinasikan dengan latihan memukul, menangkis dan menendang. Lakukan secara hati-hati karena kita sambil merasakan gerakan air dan mempertahankan posisi badan.

    Perlu diingat saat latihan di air adalah keamanan. Jangan latihan di sungai atau pantai yang arusnya deras dan gelombangnya kuat.

    Kedua, ada pengawasan dari rekan yang dapat mengatasi jika terjadi hal tidak diinginkan. Ketiga, pastikan dulu kondisi sungai atau pantai bebas dari hewan berbahaya. Lebih jelasnya silakan Anda simak cara latihan di air pada video berikut

    Baca Juga :   Kain Sasirangan Masuk Kekayaan Intelektual Kemenkumham

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI