Tahukah, 14 Juni Merupakan Peringatan Hari Donor Sedunia, Ini Sejarahnya


WARTABANJAR.COM – Barangkali masih ada yang tidak mengetahui bahwa tanggal 14 Juni yang jatuh pada hari ini merupakan peringatan Hari Donor Darah Sedunia.

Tanggal tersebut telah ditetapkan secara resmi oleh World Health Organization (WHO).

Peringatan ini diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2005, atas inisiatif bersama dari Organisasi Kesehatan Dunia, Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya darah dan produk darah yang aman, dan berterima kasih kepada para donor darah untuk pemberian darah sukarela mereka yang menyelamatkan jiwa.

Hari Donor Darah Sedunia adalah salah satu dari 11 kampanye kesehatan masyarakat global resmi yang ditandai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bersama dengan Hari Kesehatan Dunia, Hari Penyakit Chagas Sedunia, Hari Dunia Tuberkulosis, Pekan Imunisasi Dunia, Dunia Pasien Hari Keselamatan, Hari Malaria Dunia, Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Hari Hepatitis Dunia, Dunia antimikroba Awareness Week dan Hari AIDS Sedunia .

Sejarah

Transfusi darah dan produk darah membantu dan menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahun.

Ini dapat membantu pasien yang menderita kondisi yang mengancam jiwa hidup lebih lama dan dengan kualitas hidup yang lebih tinggi , dan mendukung prosedur medis dan bedah yang kompleks.

Ini juga memiliki peran penting, menyelamatkan jiwa dalam perawatan ibu dan perinatal.

Akses ke darah dan produk darah yang aman dan cukup dapat membantu mengurangi tingkat kematian dan kecacatan akibat pendarahan hebat selama persalinan dan setelah melahirkan.

Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini