KNKT Perlu Waktu Sekitar Lima Hari Unduh Data FDR Ungkap Penyebab SJ 182 Jatuh

    WARTABANJAR.COM, JAKARTA – Pesawat Sriwijaya Air 182 kehilangan kontak pada pukul 14.47 dengan rute penerbangan Jakarta – Pontianak, jadwal penerbangan 14.36 – 15.44, Sabtu (9/1/2021) lalu. Tim yang melakukan pencarian sudah menemukan flight data recorder pada Selasa (12/1/2021) sekitar pukul 16.45.

    Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi, Soerjanto Tjahjono mengatakan, perlu waktu sekitar lima hari untuk mengunduh data dari flight data recorder (FDR) SJ 182 yang ditemukan.

    “Kami mohon doa dari masyarakat, semoga bisa lancar dan bisa mengungkap misteri apa yang menjadi penyebab kecelakaan ini. Dengan terungkapnya penyebab kecelakaan, maka menjadi pelajaran kedepan tidak lagi terjadi kecelakaan,” katanya dalam live tayangan Kabar Petang TV One, Selasa (12/1/2021).

    Dirinya yakin dengan kerjasama tim yang kompak maka akan menemukan voice data recorder Swijiaya Air yang kehilangan kontak diperairan kepulauan seribu, beberapa menit setelah lepas landas.

    “Mengucapkan berbelasungkawa dan prihatin sedalam-dalamnya atas kecelakaan ini,” ucap Soerjanto Tjahjono.

    Dikutip dari data Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta. Kecelakaan pesawat Sriwijaya Air PK- CLC di perairan Tanjung Kait sekitar Pulau Lancang Kepulauan Seribu.

    Jumlah korban sebanyak 62 orang, terdiri dari dewasa sebanyak 46 orang, anak-anak sebanyak tujuh orang, bayi ada tiga orang dan kru enam orang.

    Kronologi, pesawat Sriwijaya rute Cengkaren – Pontianak take off pukul 14.36 Wib, terakhir komunikasi dengan JATC pada pukul 14.39 wib percakapan biasa tidak  ada emergency. Selanjutnya pihak JATC kembali mencoba menghubungi dari pukul 14.40 wib hingga pukul 14.47 wib tetapi tidak ada jawaban (lost cantact) dan sudah  mencoba menghubungi melalui frekuensi emergency 121.5 tetap tidak ada jawaban.

    Baca Juga :   Komnas Perempuan Apresiasi Penunjukkan Brigjen Desy Jadi Direktur Dit PPA-PPO

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI