Waspada Cacar Monyet, Dinkes Balangan Imbau Warga Segera Periksakan Gejala ini

    WARTABANJAR.COM, BALANGAN – Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan mengimbau warga mewaspadai penyebaran virus cacar monyet atau Monkeypox (Mpox). Meski Balangan hingga kini tidak ditemukan adanya kasus terduga maupun terkonfirmasi Mfox, Plt Kepala Dinas Kesehatan Balangan Ahmad Sauki hingga kini terus melakukan pemantauan.

    “Kami mengimbau kepada warga untuk waspada terhadap virus cacar monyet ini, karena saat ini sudah mulai tersebar di daerah lain,” kata Ahmad Sauki pada wartawan di Paringin, Senin (23/09/2024).

    Ahmad Sauki menuturkan, apabila ada masyarakat yang mengalami gejala virus cacar monyet agar sesegera mungkin datang ke puskesmas maupun ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan. Dirinya menyebutkan, gejala awal seseorang terjangkit virus Mpox yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening.

    Baca juga: Fasilitas di Lokasi Wisata Sungai Maranting ini Terus Dibenahi

    Kemudian setelah beberapa hari, sang penderita akan mengalami ruam kulit. Lalu gejala itu akan berkembang menjadi lesi dan akhirnya perlahan mengelupas.

    Sauki menegaskan, upaya antisipasi yang dilakukan Dinkes seperti terjadinya kasus cacar air, yakni dengan meningkatkan kewaspadaan, deteksi dini dan respon yang cepat. Hal itu guna mengetahui dan terus memantau perkembangan situasi penyakit Mfox di masyarakat.

    Selain itu, Dinkes akan melaksanakan berbagai upaya pencegahan lainnya di antaranya melakukan koordinasi dan komunikasi intensif dengan pihak terkait. Selain itu upaya penguatan surveilans berbasis masyarakat yang didukung tim surveilans Puskesmas dan meningkatkan kemampuan pelayan serta rujukan.

    Baca Juga :   Data Sementara Kebakaran di Alalak Tengah, 7 Rumah Hangus Terbakar

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI