Kamera ETLE Dipasang di Simpang Empat Sekumpul

    WARTABANJAR.COM, MARTAPURA – Kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah terpasang di traffic light Simpang Empat Sekumpul di lajur Banjarmasin – Hulu Sungai maupun Hulu Sungai – Banjarmasin pada Selasa (26/12/2023) sore.

    Namun, belum ada aktivitas mengambil gambar dari sejumlah kamera tilang tersebut.

    Kasatlantas Polres Banjar, AKP Risda Idfira mengungkap bahwa akhir 2023 Kabupaten Banjar siap menerapkan E-Tilang.

    “Kemungkinan di akhir 2023 ini sudah terpasang, target kita sebelum 2024 mohon doanya,” ujar AKP Risda kepada beberapa awak media usai Apel Gelar Pasukan Lilin Intan 2023 di Mapolres Banjar belum lama ini.

    Baca Juga

    UPT Damkar Banjarbaru Gagal Evakuasi Monyet yang Serang Warga Gotong Royong 

    Pemasangan CCTV tersebut menggunakan dana hibah senilai Rp. 2,264 miliar yang diserahkan oleh Pemkab Banjar melalui Dishub pada Selasa (12/12/2023) lalu.

    Ia menjelaskan, pemasangan kamera ETLE di titik tersebut karena sering mendapati pelanggara yang dilakukan oleh masyarakat, contohnya tidak menggunakan helm dengan alasan ingin melakukan salat ke masjid terdekat.

    “Jenis kamera yang dipasang juga cek poin, artinya pelanggaran yang dideteksi bisa lebih luas tidak hanya penerobosan lampu merah saja,” ujar AKP Risda.

    Selain itu, ia juga menjelaskan kamera tersebut bisa menembus kaca mobil yang gelapnya sekitar 80% karena menggunakan infrared, artinya pelanggaran seperti tidak menggunakan sabuk pengaman tetap terbaca.

    “Tentunya kita berharap setelah ada ETLE ini, tidak banyak lagi pelanggaran yang terjadi di wilkum Polres Banjar,” ungkapnya.

    Baca Juga :   Nomor Urut Pilbup Banjar : Saidi Manyur-Habib Idrus Alhabsyie Nomor 1, Syaifullah Tamliha dan Habib Ahmad Nomor 2

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI