Peringatan Dini BMKG untuk Lima Wilayah di Kalimantan Selatan

    WARTABANJAR.COM, BANJARMASIN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk lima wilayah di Kalimantan Selatan.

    Kelima wilayah tersebut, adalah Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Kotabaru, dan Kabupaten Tanah Bumbu.

    Kelima wilayah tersebut, diingatkan untuk waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang pada sore dan malam hari, Senin (6/3/2023) hingga Selasa (7/3) dini hari.

    Sementara untuk wilayah lainnya, juga berpotensi terjadi hujan namun dengan intensitas ringan, yang dapat terjadi pada siang dan malam hari,

    BMKG juga memperingatkan masih adanya potensi banjir air pasang (rob) pada 6-14 Maret 2023 sebagai fenomena fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir wilayah Kalimantan Selatan.

    Pasang maksimum berpotensi terjadi di Kabupaten Kotabaru pada 6-10 Maret 2023 sekitar pukul 18.00-20.00 Wita dengan ketinggian maksimum mencapai 2,5 meter.

    Pada 11-14 Maret 2023 sekitar pukul 11.00-14.00 Wita dengan ketinggian maksimum mencapai 2,7 meter di pesisir perairan Kotabaru dan Tanah Bumbu.

    BMKG juga mengimbau masyarakat pesisir pantai agar selalu waspada untuk mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut dan fenomena banjir rob. (edj)

    Editor: Erna Djedi

    Baca Juga :   Kesultanan Banjar Gelar Haul Jama' Sultan Suriansyah dan Ritual Ma'aturi Dahar

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI