Peringatan BMKG, Potensi Cuaca Ektrem Kalsel Hingga 2 Maret 2023

    WARTABANJAR.COM – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsudin Noor Banjarmasin mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Kalimantan Selatan (Kalsel).

    Cuaca ekstrem di Kalsel diprediksi terjadi pada 24 Februari hingga 2 Maret 2023. Hal ini berdasarkan kondisi dinamika atmosfer, wilayah Kalimantan Selatan masih terdapat potensi peningkatan cuaca ekstrem di beberapa wilayah pada tanggal 24 Februari – 2 Maret 2023.

    Hasil analisis inamika atmosfer terkini wilayah Kalimantan Selatan menunjukkan:

    1. Masih aktifnya kondisi La Nina lemah yang berdampak pada peningkatan jumlah curah
      hujan di wilayah Kalimantan Selatan.
    2. Tarikan massa udara akibat adanya daerah pusat tekanan rendah di Australia bagian Utara
      mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin (konvergensi) di sekitar wilayah Kalimantan Selatan yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan-awan konvektif penghasil hujan.
    3. Aktifnya gelombang atmosfer Kelvin dan Low Frequency yang berpropagasi (merambat) ke
      arah Timur dan mencakup wilayah Kalsel berdampak pada peningkatan jumlah curah hujan
      di sebagian besar wilayah di Kalimantan Selatan.

    Prospek seminggu ke depan, hampir seluruh wilayah Kalimantan Selatan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas yang bervariasi dari ringan hingga lebat yang dapat disertai kilatipetirndan angin kencang. Wilayah yang perlu diwaspadai memiliki potensi cuaca ekstrim.

    Baca Juga

    Banjir Desa Batu Bini Kabupaten HSS Warga Waspada

    Hal ini berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi (genangan air, banjir, banjir bandang, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi) yaitu Kalimantan Selatan bagian Barat, Selatan dan Utara.

    Seperti wilayah Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

    Wilayah-wilayah ini berpotensi terjadi hujan lebat terutama pada siang/sore dan malam hingga dini hari.

    Baca Juga :   Kolaborasi Pemkab dan Polres Balangan Kucurkan Air Bersih di Kampung Hampang

    “Masyarakat dihimbau agar selalu waspada terhadap dampak potensi bencana hidrometerologi dan terus mempertbaharui perkembangan informasi dari BMKG dengan memanfaatkan kanal media sosial BMKG, atau langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” tulis dalam rilis.(aqu)

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI