Presiden Jokowi : Bendungan Ini Bisa Jadi Obyek Wisata Di Tapin

    WARTABANJAR.COM,  TAPIN – Presiden RI H Joko Widodo meresmikan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya Kecamatan Piani Kabupaten Tapin, Kalsel, Kamis (18/2/2021) siang.

    Presiden RI Joko Widodo didampingi Bupati Tapin HM Arifin Arpan, Pj Gubernur Kalsel Safrizal dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menekan tombol pertanda diresmikannya Bendungan Tapin yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Rantau Tapin.

    Selanjutnya presiden berjalan melihat dan mengamati bangunan bendungan tersebut seraya berbincang dengan Bupati Tapin HM Arifin Arpan.

    Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan kapasitas daya tampung Bendungan Tapin sekitar 56,77 juta meter kubik, bendungan ini juga mampu mengairi persawahan 5.472 hektar. Selain itu bendungan tersebut memiliki potensi listrik 3,3 mega watt. Juga berfungsi sebagai sumber air baku dan mampu mencegah banjir.

    “Saya mendapat laporan dari gubernur bahwa Bendungan Tapin ini mampu mencegah banjir, hanya kecil sekali daerah di Tapin yang terkena banjir. Pak bupati betul pak?” Tanya Joko Widodo mengkonfirmasi, Bupati Tapin pun mengiyakan.

    Presiden tampaknya mengagumi keindahan Bendungan Tapin. “Bendungan ini bisa menjadi objek wisata di Kalimantan Selatan,” ucap Presiden RI Joko Widodo.

    Bendungan Tapin ini menghabiskan anggaran APBN Rp 986 miliar, hampir Rp 1 triliun, jelas presiden. Masa pembangunan 2015 sampai dengan 2020.

    Dari foto yang beredar, Presiden RI Joko Widodo menuju lokasi Bendungan Tapin itu menggunakan helikopter berukuran besar.

    Presiden Joko Widodo meresmikan  bendungan tapin, Kamis (18/2/2021). Kedatangan Orang Nomor Satu di Indonesia itu di Tapin disiarkan langsung akun youtube Sekretariat Presiden. (him)

    Baca Juga :   Komnas Perempuan Apresiasi Penunjukkan Brigjen Desy Jadi Direktur Dit PPA-PPO

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI