Rentan Dehidrasi, Jemaah Haji Diimbau Minum Oralit

    WARTABANJAR.COM – Cuaca panas di Arab Saudi membuat jemaah haji rentan terkena dehidrasi. Dehidrasi bisa menjadi pangkal penyebab kambuhnya penyakit-penyakit kronis yang mungkin sudah dibawa sejak dari tanah air.

    Minum oralit jadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dehidrasi. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Kesehatan KKHI Madinah Karmijono pada acara sosialisasi minum oralit di Hotel Arjuan Al Saadah.

    “Karena jemaah haji tersebut mengalami dehidrasi sehingga penyakit yang tidak pernah kambuh menjadi kambuh,” kata Karmijono melalui keterangan resminya yang dikutip InfoPublik pada Kamis (30/5/2024).

    Baca Juga

    Begal Samurai di Jalan Pegadaian Diringkus 2 Pelaku

    Ia juga mengingatkan jemaah yang masih ada di Tanah Air dan akan berangkat ke Arab Saudi untuk membiasakan diri minum oralit.

    Karmijono berharap perangkat kloter untuk mengingatkan kepada jemaah untuk minum oralit yang sudah ada dalam paket yang diberikan diembarkasi.

    Hampir 90 persen pasien yang menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) berawal dari dehidrasi.

    Bahkan, ada jemaah haji yang didiagnosis demensia pun dapat kembali pulih dan dapat bergabung kembali dengan kloternya setelah pemulihan cairan dilakukan. Bahkan, ada pasien yang sudah diberangkatkan ke Makkah dalam kondisi yang baik.

    Pada kesempatan tersebut, Karmijono menyampaikan jumlah jemaah haji yang dirawat di KKHI Madinah telah berkurang, yakni dari sebelumnya berjumlah 27 orang menjadi 15 orang.

    “Rata-rata jemaah haji yang dirawat mengalami kelelahan sehingga memicu kambuhnya komorbid. Selain itu, jemaah yang dirawat adalah mereka yang jarang minum,” kata Karmijono. (atoe/ip)

    Baca Juga :   Penyidik di Taiwan Selidiki Produksi hingga Pengiriman Pager ke Lebanon

    Baca Lebih Lengkapnya Instal dari Playstore WartaBanjar.com

    BERITA LAINNYA

    TERBARU HARI INI